Bupati Tuban Jadi TOP Pembina BUMD dan TOP CEO BUMD 2019

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menerima Penghargaan TOP Pembina BUMD 2019 atas kinerja dan penghargaan TOP BUMD Sector dan TOP CEO BUMD 2019 untuk Perumda Air Minum Tirta Lestari dari Media Top Business. Penghargaan ini diserahkan di The Sultan Hotel Jakarta Selatan, Senin (29/04/2019).

TOP BUMD merupakan pemberian award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di Indonesia yang dinilai berhasil dalam hal peningkatan kinerja keuangan dan bisnis. 

Sekaligus peningkatan pelayanan kepada customer dan masyarakat umum, peningkatan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan bisnis dan investasi di daerahnya, dan turut berperan dalam menggerakan roda perekonomian di Indonesia.

Ketua Panitia Penyelenggara TOP BUMD 2019, yang juga CEO Madani Group dan Pemimpin Redaksi Top Business, Moh. Lutfi Handayani MM. MBA. mengatakan, melalui penghargaan ini diharapkan setiap BUMD dapat selalu terpacu untuk melahirkan berbagai prestasi dan ikut serta memainkan peran penting di perekonomian Nasional.

Seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, peserta TOP BUMD 2019 adalah BUMD terkemuka dari berbagai bidang seperti BPD, BPR, BPRS, PDAM, dan masih banyak lainnya. Mereka berasal dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Adapun diterimanya penghargaan ini untuk Perumda Air Minum Tirta Lestari Tuban karena dinilai telah berhasil mengambangkan usaha dengan tetap mengutamakan konsumennya. Direktur Perumda Air Minum Tirta Lestari, Slamet Riyadi, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat

"Sistem pembayaran air PDAM saat ini lebih mudah, kami kerjasama dengan perbankan, minimarket dan juga kantor pos. Sehingga pembayaran bisa dilaksanakan 24 jam," kata Slamet Riyadi.

Saat ini diestimasi sekitar 40 ribu penguna sambungan rumah, selain itu Perumda Air Minum Tirta Lestari juga menjual air bersih dengan pelayanan mobil truk tangki dengan kapasitas 5000 liter, untuk mencukupi permintaan jarak jauh, saat ini disiapkan dua unit mobil tangki.

Untuk Sumber Daya Manusia, pihaknya mengutamakan memilih SDM yang terdekat dengan 39 sumber air yang ada di Kabupaten Tuban. Sedangkan dalam pengembangan usaha, direncanakan kedepan untuk penjualan air minum kamasan, pengembangan itu masih dalam kajian bersama terkait modal usaha awal dan strategi marketingnya. [ali/lis]