Kumpul Bareng Jurnalis, SI: Kami Siap Terima Kritik Berimbang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai perusahaan plat merah, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menganggap jurnalis Kabupaten Tuban sebagai sahabat. Hal tersebut diungkapkan Senior Manager of Public Relation & CSR PT Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo dalam acara SI membangun sinergi bersama Jurnalis di Kebun Sugih Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Senin (29/4/2019).

Membangun sinergi artinya, SI merasa sudah memiliki hubungan, dan ingin lebih baik lagi, siap menerima kritik catatan berimbang disertai solusi. 

"Kami ingin membangun pers lebih baik, dan berkembang. Kalau sahabat nggak ada jeleknya mengingatkan dalam koridor yang positif. Selama untuk pemberdayaan masyarakat SI terbuka," ucap Setiawan Prasetyo dalam sambutannya. 

Perusahaan semen yang memiliki kapasitas total pabrik 50,9 juta ton ini, memiliki area operasi mencakup 26 desa di 3 kecamatan di Tuban. Di samping itu ada 34 komunitas binaan, di antaranya mancing dan otomotif.

Iwan sapaan akrabnya, memohon doa supaya semen BUMN tetap produksi dan unggul bersaing di pasar. Dengan banyaknya kompetitor semen di Indonesia, tentu SI memiliki banyak tantangan baru. 

Dalam silaturahim tersebut, beberapa Jurnalis berkesempatan menyampaikan aspirasinya berupa pertanyaan, masukan, ataupun kritikan. Mulai dari skema CSR pemberdayaan masyarakat dan pendidikan, program bulan Ramadan untuk warga miskin, hingga besaran anggarannya. 

"Kami transparan dan berkomitmen memberdayakan masyarakat serta menyuport program Pemkab," terang pria yang hobi otomotif mobil VW itu. 

Disampaikan pula per bulan April 2019, semua rilis berita yang akan diekspos dipegang langsung holding. Artinya apapum sesuatu di SI pabrik Tuban, holding yang akan menyampaikan. 

Saat ini masih didetailkan poinnya. Misalnya ada rilis data produksi, pemasaran pabrik Tuban, harus diketahui holding. Hal ini bertujuan menyamakan apa yang disampaikan di Tuban dan Pusat. "Tanggungjawab ada diholding dan setiap masukan akan kami evaluasi di internal," tambah pria yang memegang proyek semen di Kupang itu. 

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda maupun Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto mengapresiasi acara guyub seperti ini. Diharapkan berkelanjutan supaya komunikasi antara jurnalis dan PT SI semakin baik, terutama dalam hal pemberitaan. 

"Untuk keberimbangan berita, kami berharap supaya dipermudah ketika konfirmasi ke pihak perusahaan," pungkasnya. [ali/lis]