Begini Cara Komunitas Pelopor Dongeng Anak Tuban Sambut Ramadan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komunitas Pelopor Dongeng Anak Tuban (Kompor Donat) bersama Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Tuban menggelar kegiatan hiburan untuk masyarakat di Alun-alun Kabupaten Tuban.

Hiburan bertajuk dongeng kolaborasi dengan musi tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Bulan Ramadan. Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban.

Pendiri komunitas Kompor Donat, Susilo Purwati menyampaikan, acara mendongeng ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Di samping itu, dengan metode mendongeng kegiatan ini juga untuk merangsang budaya literasi kepada anak usia dini. Sehingga diharapkan dapat memberikan pesan dan nilai sosial, moral, serta agama yang terkandung di dalam sebuah cerita.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan generasi yang kreatif, berani, cakap dan sifat positif lainnya,” ujar Susilo Purwati.

Sementara itu, perwakilan PAPPRI Tuban, Devi mengaku, kegiatan seperti ini sangat menarik karena menjadi media belajar untuk menanamkan pendidikan kepada anak usia dini.  Selain itu, orang tua juga bisa aktif membaca buku yang disiapkan oleh Perpustakaan.

"Membaca merupakan cara mempertajam wawasan. Bagi seniman musik membaca adalah syarat utama untuk melahirkan lirik dan syair lagu yang berkualitas,” pesan Devi pengurus PAPPRI Tuban.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Rahayu Supriyati, pada kegiatan itu pihaknya memberikan apresiasi kepada Kompor Donat dan Organisasi Musik PAPPRI. Pihaknya juga mendorong dan mendukung pihak manapun yang ikut berusaha mengaktifkan literasi di Kabupaten Tuban.

“Sinergitas seperti ini sangat dibutuhkan untuk merangsang budaya membaca. Kami ucapkan terima kasih kepada para pegiat literasi," pungkas Yayuk.[hud/ito]