Mendadak, Siswa SMK Ma'arif Tambakboyo Berhamburan Keluar Sekolah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2019, SMK Ma'arif 45 Tambakboyo menggelar kegiatan simulasi penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Tuban tersebut, turut melibatkan seluruh warga sekolah, mulai dari guru serta seluruh peserta didik.

Pantauan blokTuban.com, dalam kegiatan simulasi kebakaran tersebut puluhan siswa-siswa dan guru saling berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Bahkan, ada beberapa siswi yang pura-pura pingsan.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi. Sehingga dimanapun nanti berada mereka siap menghadapi bencana, minimal menyelamatkan diri sendiri," terang Kepala Sekolah SMK Ma'arif 45 Tambakboyo, Putut Sudiyono, Jumat (26/4/2019).

Lebih lanjut, dia berharap dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi bisa menularkan pengetahuanya kepada keluarga, saudara atau tetangga terdekat.

Sementara itu, Ketua LPBI NU Cabang Tuban, Moh. Humam menerangkan, simulasi ini merupakan langkah awal dari penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana yang akan dilaksanakan di seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma'arif.

"Hari ini bersamaan dengan HKBH tahun 2019, kita melaksanakan simulasi dan alhamdulillah pelaksanaanya sukses," jelasnya. [hud/rom]