Dua Hari Bersihkan Sampah di Pantai Kilang Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pantai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu selama ini menjadi tempat pembuangan sampah sementara oleh warga sekitar. Sampah rumah tangga yang mendominasi di bibir pantai lokasi Kilang Tuban.

Kondisi ini yang menggerakkan tim GRR untuk membersihkannya. Mulai hari Kamis-Jumat (25-26/4/2019), lebih dari 70 orang serentak memunguti sampah, kemudian diangkut ke truk untuk dibawa ke TPA Gunung Panggung Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding.

Manager HSSE GRR Tuban, Kemas A. Johansyah menjelaskan, awalnya tim datang ke pantai Tuban dan melihat ada tumpukan sampah. Semula dikira sampah tersebut dari laut. Akhirnya muncul inisiatif untuk menjadikan pantai menjadi indah.

"Awal kami membersihkannya dulu. Baru disusul langkah persuasif ke warga untuk menjaga lingkungannya," ucap Kemas yang sebelumnya bertugas dari Kilang Balongan.



Disamping itu, penduduk sekitar juga selama ini terpantau mengambil pasir di pantai untuk kebutuhan pribadi atau lainnya. Kedepan tim GRR akan mengedukasi supaya tidak lagi ambil pasir, karena berdampak pada abrasi.

Pantauan di lapangan, sudah ada 2 truk yang standby kemudian pukul 10.30 Wib berangkat ke TPA Gunung Panggung. Setelah itu kembali ke lokasi untuk mengangkut sampah lainnya.

"Kami belum tahu berapa truk yang dibutuhkan karena volume sampah cukup banyak," jelasnya.

Apabila sehari belum rampung akan dilanjutkan besok. Intinya pantai di kawasan Kilang Tuban harus bersih. Apabila sampah sudah beres, 70 pekerja akan kembali ke lokasi land clearing. [ali/rom]