Dulu Kumuh, Kelurahan Pagesangan Kini Menjadi Lebih Indah

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Warga bantaran Kali Brantas di Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya tidak pernah mengira jika lingkungan di sekitarnya bisa berubah asri. Seperti yang dirasakan salah satu warga Desa Pagesangan, Mujiono.

Menurutnya, dulu kampungnya dekat dengan Kali Brantas. Sejak ada Program Balik Kanan dari Pertamina, sekarang berubah menjadi jalan inspeksi tiga meter. "Selain itu ada program penangkaran burung untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar pria yang dibina untuk mengembangkan satwa peliharaan di kampung ecoriparian tersebut.

Bantaran Sungai RW 02 Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan tersebut memang telah berubah. Bantaran sungai yang tadinya menjadi tempat buang sampah kini disulap menjadi area taman di pinggir sungai yang indah dan rapi. Program Balik Kanan mengubah sungai yang tadinya merupakan halaman belakang warga menjadi halaman depan dengan dihiasi taman edukasi, aneka satwa peliharaan dengan mengusung konsep ecoriparian.

Karena itu, Mulyono sangat berterima kasih kepada Pertamina yang telah membina masyarakat desanya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.  "Semoga ke depannya program ini menjadi program wisata sehingga kesejahteraan warga juga meningkat," imbuhnya.

Camat Jambangan, Anna Fajriyanti juga mengapresiasi program yang diinisiasi Pertamina ini. Menurutnya, perubahan bantaran kali Brantas menjadi asri dalam waktu cukup singkat tapi progressnya sangat signifikan patut diacungi jempol.

"Saya salut dengan upaya Pertamina bersama-sama masyarakat mengubah kampung ini menjadi indah. Ini adalah contoh sinergi yang sangat baik dengan Pertamina dan menjadi energi positif untuk warga. Semoga desa ini bisa menjadi kampung wisata air dan ada ikon dari Pertamina," pungkas Anna. [ono/col]