Dimotori el-Sal Indonesia, EMCL Bersih Pantai dan Tanam Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon mangrove dan membersihkan pantai di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (23/4/2019).

Kegiatan yang dimotori Yayasan el-Sal Indonesia tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Perusahaan, Kepala DLH Tuban, Forkopimcam Palang, Pemerintah Desa setempat, serta sebanyak 125 peserta.

Ketua Yayasan el-Sal Indonesia, Ahmad Shohib mengatakan, kegiatan ini dilaksanakam dalam rangka untuk menjadikan wilayah pesisir di Desa Karangagung yang hijau dan bersih dan mengurangi global warming serta memperbaiki kualitas ekosistem laut.

"Tanam pohon mangrove dan bersih sampah ini untuk mencegah terjadinaya abrasi di wilayah pantai Desa Karangagung, sekaligus untuk mendorong kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di pantai," terang Ahmad Shohib saat di lokasi.

Lebih lanjut dia menambahkan, pada kegiatan tanam pohon ini ada sebanyak 3.500 pohon mangrove dari EMCL yang akan ditanam di sepanjang pantai Desa Karangagung. Di samping itu, EMCL juga memberikan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah.

"Semoga ini bermanfaat dan bisa menambah pendapatan ekonomi nelayan dan masyarakat Desa Karangagung," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari EMCL, Ikhwan Arifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat Desa Karangagung yang menjadi wilayah yang dilewati pipa minyak. 

"Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat Desa Karangagung," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Tuban Bambang Irawan menyampaikan, apresiasi kepada pohak EMCL dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain," pungkasnya.[hud/col]