15:00 . Patroli Gabungan Pasca Pemilu, Petugas Sisir Jalan Nasional   |   09:00 . Lebaran Kurang 10 Hari, Harga Sapi di Pasar Hewan Tuban Anjlok   |   07:00 . Teh Manis Buat Buka Puasa, Sehat Nggak Sih?   |   20:00 . Jelang Hari Raya Komisi VI DPR RI Sidak Pasar Baru Tuban   |   19:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   18:00 . PSHT Rayon Jetak Bagi Takjil dan Santuni Anak Yatim   |   17:00 . Macam Macam Sedekah   |   14:00 . Siang Ini WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dinkes Siapkan 4 Posko Kesehatan di Jalur Pantura   |   12:00 . Jelang Mudik Lebaran, Ratusan Pengemudi Angkutan Umum Dites Urine   |   10:00 . Mengintip Besar Kecilnya THR PNS Tuban   |   09:00 . 4 Fakta Menarik Seputar Musim Kemarau di Tuban   |   08:00 . Disparbudpora Mulai Merehab Tempat Wisata   |   07:00 . Bicara dengan Diri Sendiri Ternyata Bermanfaat, Percaya?   |   21:00 . Kemenag Tuban Peringati Nuzulul Quran   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 19 April 2019 19:00

Pemilu 2019

Salah Rekap, Beberapa TPS di Tuban Lakukan Hitung Ulang

Salah Rekap, Beberapa TPS di Tuban Lakukan Hitung Ulang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban menyatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 di Bumi Wali berlangsung aman dan lancar. Hal itu sesuai dengan minimnya jumlah laporan serta temuan pelanggaran yang diterima Bawaslu Tuban selama proses pemilihan berlangsung, Rabu (17/4/2019) kemarin.

Koordinator Divisi Organisasi SDM Bawaslu Kabupaten Tuban, Marfuah mengatakan, secara umum laporan yang diterima oleh Bawaslu Tuban di lapangan rata-rata adalah kesalahan dalam rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sehingga dilakukan penghitungan suara ulang dengan memanggil berbagai pihak, termasuk dari saksi peserta Pemilu. Kesalahan rekapitulasi di tingkat TPS tersebut terbilang wajar, karena petugas banyak yang kelelahan lantaran panjangnya proses pemilu saat ini.

"Rata-rata di Tuban selesainya jam 8 hingga jam 9 pagi. Dan yang paling cepat selesai pukul 02.00 WIB dini hari," ujar Marfuah, Jumat (19/4/2019).

Dia menambahkan, untuk wilayah yang mengalami salah rekapitulasi dan dilakukan penghitungan suara ulang di antaranya di Kecamatan Semanding, yakni di Desa Tegal Agung TPS 09. Kemudian, di Kelurahan Gedung Ombo TPS 15 juga dilakukan perhitungan ulang.

Selain itu, di Kecamatan Bangilan, tepatnya di Desa Banjarworo TPS 12 juga petugas KPPS juga melakukan perhitungan ulang lantaran kesalahan dalam rekap. Selain itu, ada pula dokumen C7 tidak sesuai dengan C7 DPT-KPU. 

Selain TPS 12 Desa Banjarworo, ada pula penghitungan ulang yakni di Desa Kedungmulyo TPS 1. Di TPS tersebut juga terdapat permasalahan berupa C7 tidak sesuai dengan surat suara yang digunakan. Sedangkan, di TPS 8 Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang dan TPS 4 Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu juga dilakukan penghitungan ulang karena salah rekapitulasi.

"Tapi semua temuan itu sudah dapat diselesaikan ditingkat TPS," imbuhnya.

Bawaslu Tuban juga mengimbau, kepada masyarakat agar cerdas menerima informasi. Jangan langsung percaya terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya, karena bisa meresahkan masyarakat. Selain itu, meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang mengarah adu domba.

"Kami minta masyarakat Tuban, penyelenggara, peserta pemilih menerima hasil proses pemilu. Apapun hasilnya diterima dengan lapang dada," ujar Marfuah.[hud/col]

 

Tag : kpu, hitung, bawaslu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more