Pasca Pemilu, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Baru Tuban Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang berlangsung pada Rabu 17 April 2019 kemarin, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru Kabupaten Tuban melonjak naik.

Pantauan blokTuban.com, harga kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan tersebut diantaranya adalah harga bawang merah, bawang putih, cabai, telur dan tomat.

Salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiyatun mengaku, melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok sudah mulai sejak sebelum pelaksanaan Pemilu. Namun, sebelum pelaksanaan pemilu lonjakan harga terjadi belum seberapa dibandingkan setelah pesta demokrasi usai.

"Sebelum Pemilu sudah mulai merangkak naik, dan saat ini juga terus naik," kata Rumiyatun, Jumat (19/4/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, harga cabai rawit merah saat ini berada di kisaran Rp22.000 per kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp13.000 per kilogram.

Kemudian bawang merah yang sebelumnya hanya Rp15.000 per kilogram sekarang menjadi Rp37.000-38.000 per kilogram. Harga bawang putih sebelumnya hanya berkisar Rp20.000 sekarang menjadi Rp45.000 per kilogram. 

Sedangkan untuk harga tomat yang sebelumnya Rp8.000 sekarang menjadi Rp12.000 per kilogram dan harga Telur dari Rp21.000 sekarang menjadi Rp23.000 per kilogram. 

"Kenaikan harga yang terjadi ini tidak mempengaruhi pembeli, bahkan pembeli lebih meningkat karena menjelang puasa," tandas pedagang asal Desa Tasikmadu tersebut.

Sementara itu, pedagang lain Sutomo juga mrngungkapkan jika beberapa hari ini harga kebutuhan pokok, seperti cabai, bawang nerah, bawang putih melonjak naik. Harga naik bukan karena stok kurang, melainkan setelah pelaksanaan Pemilu dan menjelang puasa.

"Stok kebutuhan pokok banyak, termasuk cabai karena memang saat ini musim panen," pungkas Sutomo. [hud/col]