Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Salah satu hal menarik untuk meningkatkan partisipasi pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu Serentak 2019 dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Campurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Di TPS tersebut semua anggota KPPS didandani layaknya acara resepsi pernikahan, seperti pengantin pria, pengantin wanita, domas, wali nikah serta ada yang berdandan sebagai penghulu. Bahkan di TPS tersebut juga lengkap dengan konsep dekorasi acara pernikahan.

"TPS 01 ini mengusung konsep resepsi pernikahan. Jadi, semua anggota KPPS didandani seperti yang ada pada acara resepsi, disamping itu anggota KPPS yang laki-laki didandani sebagai wanita agar memiliki nilai humor" uangkap Mat Rokim Ketua KPPS setempat, Rabu (17/4/2019).

Selain petugas yang didandani sebagai pengantin, lanjut Mat Rokim pengguna pemilih juga dimanjakan dengan suguhan musik orgen tunggal dan setelah melakukan pencoblosan mereka akan mendapat bingkisan dan  dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan sambil mendengarkan iringan musik.

"Tujuan mengkonsep TPS seperti acara pernikahan inu untuk menarik perhatian warga agar mereka mau datang ke TPS. Karena di pemilu sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih sangat rendah dan diharapkan pemilu tahun ini dapat meningkat," lanjut Mat Rokim.

Sementara itu salah satu anggota KPPS Firman mengaku, untuk semua anggaran yang dipergunakan kegiatan ini berasal dari dana operasional TPS dan ditambah dari angota KPPS. Bahkan mereka bersedia tidak menerima haknya demi suksesnya pemilu di tahun 2019 ini.

"Semua anggaran yang digunakan dari dana operasional TPS dan ditambah sebagian honor anggota KPPS, bila memang kurang kami siap tidak menerima sepeserpun hak yang seharusnya kami dapat" imbuh Firman.

Salah satu pemilih Sting mengaku, konsep yang diusung oleh TPS 01 ini sangat menarik sehingga pemilih jadi semangat untuk datang ke TPS melaksanakan pencoblosan. "Banyak warga yang hadir, bahkan yang dulu golput sekarang dia hadir untuk mencoblos" pungkas Sting.[hud/ito]