Pawai Budaya Sambut Pemilu di Senori

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Hal yang tak biasa terlihat di Kecamatan Senori hari ini. Dimana seluruh warga antusias mengiringi distribusi logistik kotak dan surat suara Pemilu 2019 dari depan Kantor Kecamatan Senori menuju Balai Desa Wanglu Kulon. 

Sikap ini merupakan wujud sambutan warga terhadap pesta demokrasi 5 tahunan. Acara yang diiniasi oleh Kapolsek Senori, AKP Musa Bahtiar ini terbilang sukses meski sebelum dan sesudah pawai terjadi hujan. 

"Ini pawai semarak Pemilu 2019," ujar Kapolsek Musa kepada blokTuban.com, Selasa (16/4/2019).

Musa mengajak semua pemilik hak pilih berbondong-bondong datang ke TPS untuk nyoblos. Adapun kemasan pawai dengan cara tradisional, diiringi gamelan, tarian, drumband dan diikuti seluruh elemen masyarakat. 

Alasan digelarnya pawai juga mengajak masyarakat untuk tidak takut dan tidak cemas ketika datang ke TPS. Pemilu merupakan acara hajatan, dan kali ini dikemas serupa temanten sehingga menarik perhatian warga sekitar. 

"Ada seribuan lebih peserta gabungan intansi, penyelenggara, pengawas, TNI, Polri, pendekar silat, pramuka, dan masyarakat," jelasnya. 

Ketua PPK Senori, Zubaidi mengapresiasi langkah polisi untuk mengedukasi pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya. Dia berharap tingkat kehadiran di Pemilu 2019 lebih tinggi dibanding pada Pilgub 2018. 

"Di Pilgub tingkat kehadiran pemilih di Senori 54 persen lebih. Sedangkan di Pilkada 75 persen lebih," terangnya. 

Terlihat di lokasi, barisan pertama ada cikar yang membawa Logistik Pemilu dengan dikawal oleh Gajah Mada. Dibelakangnya ada robot transformer. Kedua tokoh ini diperankan oleh anggota Polsek Senori. 

Barisan berikutnya ada drumband, kemudian tari-tarian, pendekar silat, Linmas, siswa-siswi, dan perwakilan masyarakat. Sepanjang kanan kiri jalan, juga ramai oleh warga sekitar dan seratusan lebih siswa SD Wanglukulon 1 ikut menyambut peserta pawai di depan sekolahnya. [ali/lis]