[CEK FAKTA]: Postingan Berpotensi Hoaks, Laporkan!

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Pada pesta demokrasi rakyat, Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung Rabu (17/4/2019), penyebaran informasi hoaks atau berita bohong harus diantisipasi.

Bagi anda yang menemukan postingan baik berupa pernyataan/klaim, meme dan visual yang berpotensi hoaks terkait proses Pemilihan presiden (Pilpres), bisa kirim link ke cekfakta.com.

Koordinator Cek Fakta Wilayah Jawa Timur/Indonesia Timur dari Blok Media Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com) Edi Purnomo mengimbau kepada masyarakat, khususnya di Jawa Timur, apabila menemukan postingan yang berpotensi hoaks bisa melapor.

"Untuk wilayah Jawa Timur, bisa menghubungi 081216819610. Jaringan Tim Fakta akan berusaha memverifikasi kebenaran kabar atau berita tersebut," kata Edi.

Jaringan Tim Cek Fakta, kata Edi, terdiri dari orang-orang yang bekerja untuk memastikan kebenaran berita yang sedang viral di tengah masyarakat. "Salam bersih-bersih hoaks!" tegas Edi.

Cek Fakta sendiri, merupakan tindak lanjut dari training yang diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen, Google News Initiative dan Internews, selama tanggal 11-14 April 2019 kemarin.

Edy Purnomo dari Blok Media Group (blokTuban.com & blokBojonegoro.com) berkesempatan mewakili Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) Google News Initiative Training Network, di Aviary Hotel, Tangerang Selatan. [ito]