13:00 . 883 CJH Tuban Berangkat Tahun Ini   |   12:00 . Proyek Pipa BAG Diklaim Minim Sosialisasi, Ini Tanggapan Perusahaan   |   11:00 . 82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas   |   10:00 . Awas !! Gelombang Laut Utara 2,5 Meter   |   09:00 . Ini Status Pengukuran Lahan Kilang Tuban di 3 Desa¬†   |   08:00 . Ini Dia Striker Buruan Persatu   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Perdana Buka, Antrean Pengunjung Bioskop Mengular   |   19:00 . Api dari Sampah, Warung di Jalan Pantura Nyaris Ludes Terbakar   |   17:00 . Problematika Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019   |   16:00 . Dinas PM PTSP dan Naker Tuban Cek Kesiapan Bioskop   |   15:00 . Ini Bahasan Konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko   |   14:00 . 68 PNS Pensiun, 12 CPNS Terima SK   |   13:00 . Wabup Minta Kontraktor Pemenang Tender Segera Memulai Pengerjaan JLS   |   12:00 . Anggaran Pilkada Tuban 2020 Naik Dua Kali Lipat   |  
Thu, 20 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 15 April 2019 10:00

Dukung Kemajuan UMKM, Pertamina Bantu Permodalan Usaha

Dukung Kemajuan UMKM, Pertamina Bantu Permodalan Usaha

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.om – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina terus menggulirkan Program Kemitraan (PK) untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi agar makin produktif dan dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

Seperti yang dilakukan Pertamina Region Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, pada Senin (15/4/2019). Pertamina melakukan sosialisasi dan penandatanganan Surat Perjanjian Peminjaman Uang (SPPU) kepada calon mitra binaan. Bertempat di Kantor Pertamina Jagir, acara ini dihadiri oleh Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji serta 14 calon mitra binaan Pertamina.

Dalam sambutannya, Rustam menyampaikan, program kemitraan ini merupakan salah satu upaya Pertamina untuk membantu masyarakat dalam permodalan usahanya."Selain menjalankan usaha di bisnis minyak dan gas, Pertamina juga berkomitmen untuk memajukan masyarakat di sekitar area operasinya", ujar Rustam.

Rustam juga menyampaikan bahwa Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat mendukung upaya memajukan UMKM, termasuk di Jawa Timur.

“Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina MOR V tercatat telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 140,8 miliar pada tahun 2016 hingga 2018, kepada UMKM di Jawa Timur,” jelas Rustam.

Pada kesempatan hari  ini, Pertamina menyalurkan Rp1.4M untuk 14 Mitra Binaan tersebut. Diharapkan ke depannya, para pelaku usaha ini dapat mengembangkan usahanya dan memasarkan produk lebih luas lagi

Para pelaku usaha yang hadir terlihat begitu antusias dengan program kemitraan ini. Salah satunya adalah Titin Iswati calon mitra binaan disektor perdagangan, wanita yang berasal dari Batu tersebut mengaku sangat antusias dalam mengikuti program kemitraan yang ditawarkan oleh Pertamina.

"Selain untuk permodalan usaha, saya juga berharap dengan mengikuti program kemitraan ini usaha saya dapat lebih berkembang dan menambah wawasan untuk memasarkan produk bukan hanya di daerah saya, tetapi lebih luas lagi ke luar kota", ujar Titin.

Program Kemitraan sendiri menawarkan pinjaman dengan bunga 3% per tahun saldo menurun dan pinjaman hingga 200 Juta Rupiah. Selain pinjaman modal, Pertamina juga melakukan pengembangan dan pembinaan pada UMKM. Di antaranya melalui pelatihan pemasaran untuk meningkatkan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di pasaran. Selain itu, Pertamina juga mengikutsertakan mitra binaan unggulan pada pameran tingkat regional, nasional, maupun internasional. [ono/lis]


Tag : pertamina, mor, v, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more