Begini Cara Warga Manfaatkan Bekas APK

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Saat masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) per 14 April 2019 mulai 00.01 petang tadi, Alat Peraga Kampanye (APK) yang beredar di sepanjang wilayah jalanan kota, Kecamatan, hingga pelosok desa, telah diturunkan. Tak sedikit pula warga masyarakat umum yang ikut membantu kinerja Panwaslu, PPK, PPL, serta segenap jajaran keamanan.

Hal tersebut salah satunya dapat dilihat di sekitar pertigaan Dusun Singkil, Desa Mentoro, Kecamatan Soko. Warga masyarakat, serta pemuda ikut sibuk menurunkan APK yang kemudian akan dimanfaatkan untuk keperluan lain.

"Ya biasa lah, kan bisa dibuat sesuatu yang lebih dari pada nggak kepakai dan numpuk," kata Khotib kepada blokTuban.com, Minggu (14/4/2019).

Bersama warga lainnya, dia melepaskan beberapa APK besar yang kemudian nanti bagian banner dan rangka kayunya bisa didaur ulang.

"Bekas kayunya bisa dibuat kandang kecil-kecilan. Banner bisa dibuat untuk penutup, alas, atau sekadar pajangan di rumah," imbuhnya.

Terpisah, warga lain di Kecamatan Grabagan juga menuturkan hal yang sama. Sejak lama ia telah menunggu masa tenang, untuk ikut melepaskan APK ataupun atribut kampanye ukuran besar di sekitar wilayahnya. 

"Banner bisa dilipat, dibentuk dengan desain lain jadi tirai penutup. Kan punya warung," terang Angga, warga di Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan. [feb/col]