Intip Aplikasi Siwaslu 2019 Oleh Bawaslu RI

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi mempermudah input data pelaporan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu), mulai dari pengawas TPS, Kecamatan, Kabupaten ataupun Kota, hingga pengawas Provinsi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Republik Indonesia (RI) telah menerapkan sistem pengawasan online berbasis aplikasi Android. Namanya Siwaslu (Sistem Pengawasan Pemilu) 2019.

Aplikasi (Apk) yang digunakan para PTPS tersebut, tersedia secara umum pada gadget Android di Google Play Store. Meskipun masih dalam tahap uji coba, tercatat sudah ada 100.000 lebih user mendownload Apk tersebut dengan uldate 11 April 2019.

"Input link nantinya bisa update, mulai dari Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga tingkatan RI," ucap Lasmuri, Koordinator Panwascam Soko bidang Hubungan antar Lembaga.

Ditambahkannya lagi, petugas PTPS sebelumnya juga sudah dikuatkan dengan Bimtek serentak terkait form pengisian laporan bersama PPL, PPK, Panwascam, juga perwakilan. Lepas itu, pemantapan bimtek dibagi menjadi 4 zona konsentrasi.

"Dalam aplikasi itu, ada 5 laporan dengan kode AA.PS-1 hingga AA.PS-5," terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (13/4/2019).

Masih kata Lasmuri, AA.PS-1 berisikan tentang laporan pada 14 April kampanye masa tenang. Kemudian, AA.PS-2 berhubungan dengan persiapan TPS. Lalu, AA.PS-3 soal laporan persiapan pemungutan suara.

"AA.PS-4 ada lroses penghitung suara, dan AA.PS-5 rekap hasil suara," imbuhnya.

Dari laporan AA.PS-5 tadi, mulai dari presiden hingga daerah bisa langsung dilihat databasenya di RI. Sebab, sekali perhitungan selesai, petugas akan langsung mengisi aplikasi sekaligus mendokumentasi C1 plano.

Sementara itu, salah satu PTPS Desa Pandanagung, Hendro juga membagikan pengalaman menggunakan aplikasi Siwaslu tersebut. Pasca Bimtek serentak beberapa waktu lalu yang dipusatkan di Desa Prambontergayang, dia mengaku cukup paham akan sistem kerja Apk Android tersebut.

"Sudah paham, kan tinggal isi data masing-masing bagian. Yang susah itu kadang pas upload. Kemarin juga sudah ada simulasi," paparnya kepada blokTuban.com. [feb/ito].