Museum Kambang Putih Dapat Kategori B dari Kemendikbud

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban, mendapatkan penghargaan penilaian kategori  B dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala UPTD Destinasi Wisata Terpadu,  Santi Puji Rahayu mengatakan pada tahun 2017 untuk pertama kalinya Kemendikbud menyelengarakan penilain pelestarian cagar budaya dan permuseuman. Penilaian ini digunkan untuk meberikan bantuan dana alokasi khusus bantuan operasional musim.

Untuk tingkat Kabupaten atau kota standarisasi katogori B dan C,  yang mendapatkan  kategori B akan mendapatkan bantuan 600 juta dan katogori C mendapatkan akan mendapatkan bantuan 450 juta.  Pada saat pengumuman di tahun 2018 museum kambang putih mendapatkan kategori B dan di Jawa Timur hanya ada dua kota yang mendapatkan katogori B tersebut.

"Alhamdulillah Museum Kambang putih mendapat nilai B, se Indonesia hanya ada 10 museum yang mendapatkannya,"ungkap Santi.

Lebih lanjut, musem Kambang Putih mendapatkan kategori B, karena mempunyai konsep yang berbeda seperti di setiap ruang terdapat interior yang berbeda, koleksi tidak hanya ditampilkan dalam bentuk vitrin tapi juga diaplikasikan dalam bentuk plafon, buku tamu sudah menggunakan komputer, serta ada layar slidshow yang menampilkan koleksi musem dan semua koleksi museum terdata secara iventaris sistem. 

"Hal tersebut yang mebuat, Musem Kabang Putih dapat kategori B,"ungkapnya.  [nid/ito]