Bawaslu Telusuri Kalender Capres Berlogo Mirip Pemkab

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terkait dengan temuan adanya belasan lembar kalender Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 02 yang berlogo menyerupai logo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban di bagian sudut atas, Bawaslu Tuban mengungkapkan akan segera menggelar rapat pleno.

Rapat pleno yang membahas terkait beredarnya belasan kelender berlogo menyerupai logo Pemkab Tuban tersebut, rencananya akan digelar pada Rabu (10/4/2019) dengan menghadirkan pihak Pemkab Tuban serta Tim Relawan dari Capres Prabowo Subianto-Cawapres Sandiaga Salahudin Uno.

"Kami akan segera menggelar rapat pleno bersama Pemkab Tuban dan Tim Relawan dari Capres-Cawapres Nomor Urut 02," terang Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Ulil Abror Al Mahmud, Senin (8/4/2019).

Menurutnya, jika dalam rapat pleno nanti Pemkab Tuban membenarkan bahwa logo itu adalah logo resmi Pemkab Tuban dan Pemkab Tuban merasa keberatan, maka tim relawan harus menutup logo Pemkab yang terpampang di kalender atau menarik semua kalender yang sudah diedarkan.

Sedangkan, jika itu tidak terbukti atau hanya menyerupai logo Pemkab Tuban maka tim relawan yang mengedarkan kalender itu tidak akan dikenakan sanksi. "Hal itu sesuai dengan PKPU 23 tahun 2018 terkait dengan desain materi APK atau BK yang intinya tidak boleh mencantumkan logo pemerintah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa Bawaslu Kabupaten Tuban telah menemukan belasan eksemplar kalender Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut 02 yang di sudut atas berlogo menyerupai logo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, belasan kalender itu diinventarisir dari beberapa desa di Kecamatan Senori.[hud/col]