Jalan Sehat dan Bersih Sungai Meriahkan Harlah Ponpes Manbaul Huda

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Ribuan masyarakat sekitar Kecamatan Rengel sejak pagi tadi berbondong, mengikuti jalan santai yang dipusatkan di Halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Manbaul Huda/Al-Hadi, Desa Banjararum, Kecamatan Rengel.

Jalan sehat diberangkatkan oleh Drs. Khoiron selaku Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rengel, dari start di sekitar Masjid Jami'atul Muttaqin, Dusun Beron Desa Punggulrejo, sampai ke timur arah Ponpes.

Tak hanya itu, acara yang dikemas dalam rangka hari lahir (harlah) Ponpes ke-17  tersebut juga diselingi dngan upaya penyadaran lingkungan, yakni dengan bersih-bersih aliran Sungai Beron yang melibatkan 4 desa yang dialiri. 

Dalam giat tersebut, Ketua Yayasan Ponpes, Kiai Ahmad Damanhuri memaparkan jika bersih sungai atau kali Beron setidaknya diikuti oleh 800 warga yang turun aksi didalamnya. 

"Pondok sebagai modal keagamaan, juga berkontribusi dan memberi inisiatif kepada masyarakat untuk peduli akan lingkungan. Khususnya pada sungai aliran Sendang Beron, yang ada di Punggulrejo sana," ujarnya dalam sambutan acara usai finish jalan sehat, Minggu (7/4/2019).

Pihaknya juga berterima kasih kepada segenap partisipan yang turut mensukseskan acara itu. Terlebih lagi, Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Rengel, tokoh pemuda, Forum Kepala Desa yang meliputi Desa Punggulrejo, Banjararum, Campurejo, dan Desa Prambonwetan, juga seluruh instansi lain yang terlibat.

"Dengan begitu, aksi hari ini bisa mengajak masyarakat untuk bersama menjaga kali," tandanya.

Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein yang berkesempatan hadir ditengah acara harlah Ponpes Manbaul Huda ke-17, juga mengapresiasi giat upaya masyarakat. Menurutnya, sumber air Sendang Beron adalah sumber penghidupan banyak masyarakat. Sebab, aliran sungai yang harusnya bisa mengalir hingga Kecamatan Widang.

"Kesadaran masyarakat dalam kesehatan dan menjaga lingkungan harus lebih ditingkatkan, apalagi lingkungan sungai Beron ini. Tapi yang lebih penting dan punya tanggungjawab utama, adalah Punggulrejo. Desa Punggulrejo punya tanggung jawab dalam konservasi sumber mata air Beron," jelas Wabup 2 periode ini. [feb/lis]