Makin Parah, Jalan Jembatan Weru Terus Ambrol

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kerusakan bagan jalan di sebelah selatan Jembatan Ngragas, Dusun Ponco, Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan, Tuban berubah semakin parah.

Pasca longsor akibat banjir yang terjadi sekitar pertengahan Februari 2019 lalu, bagan jalan yang juga merupakan akses penghubung antar Kecamatan Parengan ke Singgahan dan penghubung antar Kabupaten Tuban ke Bojonegoro itu rusak separuh jalan.

Dari pantauan tim blokTuban.com di lokasi, kondisi jalan rusak yang diperparah ambrol susulan sekitar pukul 16.00 WIB kemarin, Kamis (4/4/2019), terus meluas sekitar 4 meter dari sisi Kali Kening sehingga menyisakan sisi jalan yang dapat dilalui sekitar 2 meteran.

"Sebelumnya juga sudah diperbaiki. Pengerjaannya sudah 2 mingguan kok, tapi kemarin sore ambrol lagi. Jalan yang ditambah rata amblek," ujar Ari, salah satu pemuda setempat yang sedang berjaga mengatur lalu lintas, Jumat (5/4/2019).

Ditambahkannya lagi, jemabatan yang lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Weru oleh masyarakat setempat itu, sebelumnya telah longsor sedikit demi sedikit. Perihal itupun telah diketahui warga sekitar, juga pemerintah desa setempat.

"Harapannya ya segera diperbaiki lebih cepat. Soalnya bahaya, apalagi kalau ada pengguna jalan yang lewat malam hari," pungkasnya.

Dengan begitu, warga dan pemuda setempat bergantian mengatur lalu lintas sekitar lokasi. Jalan hanya bisa dilalui satu arah saja. Maka dari itu, diberlakukanlah buka tutup jalan selama perbaikan berlangsung.

Sementara itu Staf PMD Kecamatan Parengan, Jaelani ketika meninjau lokasi bagan jalan yang rusak mengatakan, dari pihak desa, kecamatan, juga instansi terkait telah melakukan koordinasi lanjutan.

"Berkaitan dengan ini, dari pihak Bina Marga bagian Jalan dan Jembatan juga sudah melakukan koordinasi dengan Kecamatan. Hasil selanjutnya kasih kita tunggu," paparnya kepada blokTuban.com. [feb/rom]