Berebut 4 Paskibraka Terbaik untuk ke Level Provinsi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - 78 peserta Pantukir telah lolos administrasi, kesehatan, maupun fisik dalam seleksi Paskibraka Kabupaten Tuban tahun 2019. 42 putra dan 38 putri tersebut, masih harus berebut posisi menjadi empat Paskibraka terbaik untuk maju ke level Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kepala Disparbudpora Kabupaten Tuban, Sulistiyadi menjelaskan, 78 peserta lolos seleksi di tingkat kecamatan yang terbagi dalam 4 zona, yaitu zona Tuban (3 Kecamatan), Zona Rengel (7 kecamatan); zona Jatirogo (5 kecamatan); dan Zona Montong (5 kecamatan).

"Dari 78 peserta tersebut, akan dipilih 4 siswa terbaik untuk mewakili Kabupaten Tuban mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional," kata Sulistiyadi, kepada blokTuban.com, Jumat (5/4/2019).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menambahkan, pelajar yang mengikuti Pantukir adalah remaja terpilih dan lulus seleksi secara berjenjang. Dari total 374 remaja yang mengikuti seleksi, terpilih 78 siswa dari berbagai lembaga pendidikan di Bumi Wali.

Seleksi Paskibraka kali ini telah terintegrasi dan selaras dengan mekanisme seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Timur. Melalui mekanisme seleksi berjenjang dan terintegrasi tersebut, dapat menghasilkan anggota Paskibraka yang membanggakan daerah baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. 

"Dari kegiatan ini semoga lahir generasi penerus bangsa yang tangguh dan unggul," harapnya.

Wabup dua periode ini berpesan kepada peserta, agar terus bersemangat dan mengikuti proses seleksi dengan baik. Selain itu harus memperhatikan kesehatan fisik.

"Jangan patah semangat dan jaga kesehatan," pungkas politisi kelahiran Kecamatan Rengel. [ali/rom]

*Seleksi akhir Paskibraka digelar di Gedung Budaya Loka Tuban.