Untuk Pemilu Damai, Bupati Ajak Dialog Tokoh Masyarakat

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda menghadiri dialog kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan tokoh-tokoh masyarakat pimpinan, anggota organisasi dan kemasyarakatan tahun 2019. Pertemua bertajuk 'Memperkuat Peran Masyarkat dalam Mendukung Agenda Demokrasi Pemilu dan Pilkades Serentak 2019' itu betempat di Pendopo Karesidenan Tuban, Selasa (2/4/2019).

Dalam sambutannya Bupati dua periode ini mengatakan, pada tahun 2019 ini akan ada momentum yang bersejarah untuk bangsa Indonesia dan juga Bumi Wali yaitu Pemilu 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 dan Pilkades yang akan berlangsung pada tanggal 10 Juli 2019. Dengan adanya pertemuan hari ini diharapkan bisa memperkuat kesatuan tekat untuk bersama-sama mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi yang damai.

"Mari kita wujudkan Pemilu dan Pilkades yang damai, langsung, umum, rahasia, adil dan jujur," ungkap Bupati. 

Lebih lanjut, ada berapa hal krusial yang perlu mendapatkan perhatian lebih baik, yaitu jadwal tahapan Pemilu,  netralitas, data penduduk pemilih, kampanye,  tatacara pemungutan dan penghitungan suara. Hal ini dapat menjadi pemicu dan pemacu konflik, untuk itu disamping solidaritas kuatnya intergeritas komponen penyelenggara tentunya juga diperlukan peran aktif dan pratisipatif tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, serta komponen masayarakat lainnya.

"Sehingga Pemilu di Kabupaten Tuban akan sukses sebagaimana yang kita harapkan," ungkapnya. 

Hal senada juga diungkapkan, Kaporles  Tuban, AKBP Nanang Haryono, menurutnya kolaborasi antara Stakeholder sangat diperlukan demi keberlangsungan Pemilu 2019 yang aman dan damai. [nid/lis]