Begini Pelaksanaan UNBK di 37 Sekolah di Tuban


Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hari pertama Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK)  yang dilaksanakan 37 sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban berjalan lancar, Senin (1/4/2019).

Staf Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Jatim), bidang SMA,  Ahmad Prayoga mengatakan, hari ini seluruh SMA se Kabupaten Tuban yang berjumlah 37 sekolah mengikuti UNBK dan hingga siang ini belum ada laporan terkait ganguan.

"Alhamdulillah hingga siang ini belum ada yang melapor,"ungkap Yoga.

Hal senada juga disampaikan, Wakil Kurikulum, SMA Negeri 2 Tuban,  Ropiko Herna Cahayaningsih. Dia mengatakan, hari pertama UNBK berjalan lancar tidak ada ganguan apa pun. ia menambahkan untuk antisipasi terjadinya ganguan server atau pun PC. Pihak sekolah telah menyiapakan cadangan setiap kelas terdapat empat PC kosong dengan tujuan,  apabila ada siswa yang mengalami ganguan bisa langsung pindah.

"Semoga sampai selesai nanti tidak ada ganguan,"ungkapnya.

Selain itu, hari pertama UNBK mata pelajaran bahasa Indonesia, banyak siswa yang berpendapat soal yang diujikan banyak yang menjebak. Seperti yang disampaikan Siti Masruatin Azizah (18). Dia berpendapat soal bahasa Indonesia yang diujikan tadi banyak kalimat yang mejebak apabila tidak benar - benar mencermati bisa terkecoh.

"Harus benar - benar cermat kalau tidak bisa salah jawaban," ungkapnya. [nid/ito]