BPBD Rencanakan Tambah Pos Damkar di Singgahan dan Tambakboyo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selain Pos Damkar yang berada di Tuban, saat ini telah didirikan Pos Pembantu Damkar di Kecamatan Jatirogo dan Rengel. Ke depan direncanakan pula didirikan Pos Pembantu Damkar di Kecamatan Singgahan dan Tambakboyo.

“Tujuannya untuk mempercepat pelayanan dalam menangani kebakaran karena secara geografis Tuban yang beragam. Dibutuhkan minimal 5 Pos Pembantu Damkar, dimana satu Pos Pembantu membawahi 4 kecamatan," terang Kalaksa BPBD Tuban, Joko Ludiono, kepada blokTuban.com, Minggu (31/3/2019).

Dikarenakan masih minimnya armada mobil Damkar, personel dan Pos Pembantu yang dimiliki, mantan Camat Widang itu menambahkan saat ini BPBD Tuban tetap mengandeng perusahaan yang ada di Bumi Wali. Tujuannya untuk menangani area sekitar wilayah produksi mereka, sehingga kejadian kebakaran dapat teratasi dengan cepat.

Saat ini jumlah Mobil Damkar yang ada di BPBD Tuban sebanyak delapan unit. Jika ditambahkan dengan hibah yang baru saja diterima, maka jumlah armada yang ada nantinya adalah sebanyak sembilan mobil damkar dan satu mobil ambulance.

“Adapun untuk personil Damkar Tuban saat ini adalah sebanyak 15 orang yang jika terdapat kekurangan personel saat bertugas, dibantu personel dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Tuban," jelas pria berkacamata bening ini. 

Sebagai catatan, Kabupaten Tuban telah menerima bantuan mobil Damkar dari Pemerintah Jepang kedua kali setelah pada tahun 2018 lalu. Hibah mobil Damkar dan ambulance tersebut dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam hal menanggulangi adanya ancaman bencana kebakaran. [ali/lis]