Pengurus Cabang NU Tuban Resmi Dilantik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban masa khidmat 2018-2023 resmi dilantik di Pendopo Krida Manunggal Tuban. Selain dihadiri ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, Rois Aam KH Miftakhul Ahyar, dan ketua umum PBNU KH. Said Aqil Siroj juga hadir sebagai pembicara.

Ketua Panitia Didik Purwanto, menjelaskan pelantikan dirangkai dengan acara Harlah NU ke-96. Adapun tamu undangan yang sudah masuk catatan sebanyak 2.931 orang. Undangan terdiri dari pengurus NU dari tingkatan ranting hingga cabang, badan otonom (banom), lembaga NU, badan khusus NU, tokoh, dan Forkopimda Tuban.

"Semoga pengurus yang dilantik amanah dan memajukan NU di Bumi Wali," ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (30/3/2019).

KH. Said Aqil Siroj berpesan agar warga Nahdliyin dalam menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat dengan penuh santun dan dapat menggunakan prinsip melestarikan tradisi yang baik, serta mengambil hal baru yang lebih baik.

“Seperti halnya kisah seorang dai, ia tidak menghancurkan sebuah menara yang dulunya menjadi tempat sesembahan orang Majusi, tetapi kemudian justru bangunan menara tersebut tetap dilestarikan dan diubah fungsinya menjadi tempat untuk mengumandangkan adzan,” jelasnya.

Kiai Said juga menjelaskan, antara nasionalisme dan Islam mestinya saling bertautan, dan bukannya malah berseberangan.

Terkait pilihan di pesta demokrasi 17 April 2019, Kiai Said menegaskan jika dia seorang NU militan pasti melihat Kiai Ma'ruf Amin sebagai pilihannya. Bagi pengurus yang memiliki pilihan lain, pasti akan terkena sanksi moral.

"Secara resmi tak ada sanksinya tapi moral ada," pungkasnya. [ali/ito]