BPBD Tuban Evakuasi Sarang Tawon yang Resahkan Warga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban kembali melakukan upaya evakuasi sarang lebah atau Tawon Ndas (Vespa Affinis) yang berada di RT/01 RW/03 Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Sarang tawon berukuran besar yang berada di pohon bambu tengah permukiman warga tersebut dievakuasi petugas lantaran selama ini keberadaannya sangat mengganggu dan meresahkan warga sekitar.

"Evakuasi ini menindak lanjuti laporan warga bahwa ada sarang tawon yang sangat membahayakan warga, sarang tawon itu berada di tengah-tengah permukiman," terang Taufik Kasi Kedaruratan BPBD Tuban, Kamis (28/3/2019).

Lebih lanjut Taufik mengatakan, dalam evakuasi itu petugas melakukannya dengan metode pembakaran atau penyemprotan api dan pembasahan atau mensterilkan area dengan menyemprotkan cairan khusus yang sudah disiapkan di dalam mobil tangki.

Sebelum evakuasi itu dilakukan, tim BPBD Tuban yang mengerahkan satu unit Damkar itu melakukan observasi terlebih dahulu dengan menyuruh warga sekitar untuk masuk ke dalam rumah atau mencari tempat yang aman agar tim bisa mengeksekusi rumah tawon.

"Dalam waktu 15 menit team berhasil mengevakuasi dan membakar sarang tawon dengan lancar dan aman," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga, Arifin mengaku Sangat terganggu dengan adanya sarang tawon berukuran besar itu, sehingga minta bantuan kepada BPBD Tuban untuk mengevakuasi itu. 

"Kami tidak tahu kalau sarang tawon ndas tersebut akan sebesar itu, ini baru sekitar 5 bulanan," pungkasnya.[hud/col]