Camat Ingin Setiap Desa di Merakurak Ada Pusat Perbelanjaan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Camat Merakurak, Agung Triwibowo menginginkan setiap desa diwilayahnya terdapat pusat perbelanjaan. Upaya untuk menggerakkan ekonomi, sekaligus meningkatkan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) kecamatan.

"Kalau ada pusat pembelanjaan pasti banyak pemegang uang yang datang dan itu menguntungkan masyarakat desa," ujar Camat Agung kepada blokTuban.com, Rabu (27/3/2019).

Selama ini Kecamatan Merakurak diuntungkan dengan keberadaan Pasar Desa Sambonggede. Ditempat inilah para pembeli dan pedagang dari Kecamatan Kota, Jenu, Kerek, dan Montong bertemu. Artinya selama 24 jam ada aktifitas ekonomi yang menguntungkan masyarakat.

Prinsip mendatangkan uang ke Merakurak inilah yang terus digencarkan. Tak hanya mengandalkan pasar, beberapa wisata baik di Sambonggede, Kapu, Tuwiri Kulon, dan Sugihan juga bergeliat. Pengunjung luar Tuban sudah banyak yang singgah.

"Ke depan kami ingin semuanya terintegrasi supaya berjalan bersama," jelasnya.

Adapun pusat pembelanjaan yang dimaksud bukan melulu pasar. Lebih dari itu, bisa kios atau apapun yang menjadi pusat ekonomi warga. Adanya toko modern di dekat pasar juga disayangkan olehnya. Seharusnya toko sekitar bisa berkembang, dan uangnya berputar kembali di Merakurak.

"Kalau di toko modern uangnya berputar keluar Merakurak," jelasnya.

Sebagai catatan, alasan masyarakat masih belanja di toko modern terkadang gengsi. Padahal harga barang lebih murah di toko kelontong di sekitarnya. [ali/ito]