BBJT Agendakan Lomba Kebahasaan dan Kesastraan 2019

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Upaya peningkatan mutu kualitas generasi muda pada bidang kreatifitas pendidikan, khususnya segi kebahasaan dan kesastraan, terus dilejitkan pemerintah pusat seiring perkembangan budaya yang tak terbatas. Demikian pula yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT). Daya yang berakar inti Gerakan Literasi Nasional (GLN) diapacu dengan sejumlah wadah lomba Kebahasaan dan Kesastraan, bagi pelajar dan seluruh wilayah Jawa Timur.

Data yang dihimpun dari media masa BBJT menyebutkan, terdapat 9 event lomba dan sayembara. Kesemua itu terdiri dari Lomba Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah, Sayembara Menulis Esai, Sayembara Menulis Cerita Pendek, Lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Pendramaan Cerpen, Pemilihan Duta Bahasa, serta Sayembara Bahan Bacaan Literasi.

Sayembara Bahan Bacaan Literasi sendiri terbagi menjadi 2 kategori, yakni kategori prapembaca, dan kategori usia dini. Selain itu, ada pula Sayembara Bacaan Literasi dengan kategori membaca awal. Ketiga sayembara tersebut dibuka untuk umum hingga tanggal 18 Juli 2019 mendatang.

"Silakan diikuti. Ini kesempatan baik yang difasilitasi Balai Bahasa Jawa Timur untuk seluruh masyarakat Jawa Timur dalam pengembangan kreativitas," ujar admin BBJT melalui akun resmi media sosial jejaring Facebook.

Event lomba dan sayembara tentang kebahasaan dan kesastraan 2019 ini agaknya memang mengacu pada kreativitas generasi muda. Hal tersebut bisa dilihat dengan lingkup partisiapan sasaran pelajar remaja.

Pelajar ataupun siswa SMA, SMK, MA, se-Jawa Timur juga dapat mengikuti lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Pendramaan Cerpen, dan Pemilihan Duta Bahasa. Namun begitu, mereka harus bersaing ketat di event Pemilihan Duta Bahasa. Sebab, lomba diikuti juga oleh umum, berikut mahasiswa se-Jawa Timur.

Di lain sisi, remaja ataupun pelajar usia 15 hingga 21 tahun juga dapat mengikuti Sayembara Menulis Cerpen yang masih akan ditunggu pengirimannya pada tanggal 5 Juli 2019 nanti. Kemudian, Lomba Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah bisa diikuti oleh peserta SMP dan MTs negeri se-Jawa Timur, dengan ketentuan pengiriman foto bulan Maret 2019, dan akan diumumkan hasilnya pada 30 April 2019.

Selain itu, event Literasi yang mengahdiahkan piagam, tropi, beserta uang pembinaan tersebut juga dapat diikuti oleh guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Jawa Timur pada Sayembara Menulis Esai, yang pengirimannya ditunggu tanggal  8 Juli 2019 dengan syarat cap pos. [feb/ito]