Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia mulai menggelar bimbingan manasik haji tahun 2019 di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Opening cermony di Graha Sandiya Komplek Perumdin Semen Gresik di Tuban. 

Acara dihadiri Senior Vice President (SVP) of production, Joko Sulistiyanto selaku manajemen dari SI. Juga KH. Ubaidillah dari Ponpes Langitan. 

"Kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun digelar dan sudah masuk ke-15 sejak 2004," ujar Joko Sulistiyanto, kepada blokTuban.com, Senin (25/3/2019).

Di tahun ini, jumlah peserta bimbingan manasik haji, sebanyak lebih dari 600 orang. Mereka berasal dari 20 kecamatan di Tuban. SI menyediakan transportasi antar jemput peserta, suvenir, buku panduan, fasilitas tempat, dan konsumsi gratis. 

Ada lima sesi kegiatan pemantapan manasik haji, terdiri dari empat sesi penyampaian materi dan satu sesi praktik. Detail kegiatannya pertama, ceramah mengenai hikmah haji oleh KH. Ubaidilah Faqih bersamaan dengan acara pembukaan. 

Dilanjutkan materi serba serbi haji disampaikan KH. Abdul Matin Djawahir dari Ponpes Bejagung pada 29 Maret mendatang. Di bulan April 2019 pada CJH akan diberi materi thoharoh, sholat jama' dan qhosor disampaikan KH. Jalaludin dari Kecamatan Bulu pada 3 April 2019.

Lalu,  pada 10 April 2019 CJH diberikan materi haji tamattu' oleh KH. M. Achmad Ainul Yakin dari Tuban Kota. Sesi terakhir CJH melakukan bimbingan praktik haji tamattu' pada 14 April mendatang. 

"Hal ini merupakan bagian CSR perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli," terang Joko. 

Setiap tahunnya jumlah peserta bimbingan manasik haji sedikitnya 75 persen dari total seluruh CJH Tuban. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta harmonisasi antara perusahaan dengan intansi terkait, dan masyarakat umum di Bumi Wali. 

Selain itu mendorong semangat employee volunteerism atau kesadaran personil karyawan untuk terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar, melalui tim manasih haji yang terbentuk. 

"Selamat menunaikan ibadah haji semoga melalui bimbingan manasik haji ini dapat bermanfaat dan menjadi bekal pengetahuan para CJH agar diberi kelancaran. Sekaligus kemudahan dalam haji di tanah suci," imbuhnya. 

Kepala Kemenag Tuban, Sahid, mengapresiasi SI karena memfasilitasi kegiatan bimbingan manasik haji selama 15 tahun. Besarnya perusahaan saat ini, salah satunya karena doa dari CJH. 

"Semoga SI semakin jaya dan selalu memjadi mitra dengan Pemkab Tuban," pungkasnya. [ali/ono]