Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), siswa  Sekolah Menengah Kejuran (SMK) pun bersiap mengerjakan soal, Senin (25/3/2019). Pada hari pertama kali ini mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Meski pun dari sekolah sudah sering melakukan simulasi dan try out,  masih banyak siswa yang merasa grogi saat memasuki ruangan.  

Siswa SMK Negeri 1 Tuban,  Ahmad Fatkur Rozak (19) mengatakan, saat akan memasuki ruangan dia sempat grogi karena takut saat mengerjakan ada masalah dengan komputernya.  Selain itu ia menambahkan, meskipun terkesan mudah, seringkali banyak soal jebakan yang diujikan dalam Bahasa Indonesia.

"Banyak soal yang menjebak,  jadi harus benar-benar teliti," ungkap siswa Jurusan Gambar Bangunan itu. 

Hal senada juga diungkapkan siswa lainnya,  Muhammad Agung (19), ia mengatakan, sempat deg-degan karena takut terjadi masalah pada komputernya. Dia pun berupaya belajar kisi-kisi yang disiapkan pihak sekolah.

"Ada yang keluar, tapi ada juga yang tidak," ungkapnya. 

Mengatisipasi terjadinya permasalahan saat berlangsungnya UNBK,  pihak sekolah telah mempersiapakan antisipasi seperti, menyediakan server tambahan dan juga setiap ruangan menambahkan satu komputer dengan tujuan, apabila ada siswa yang komputernya mengalami masalah bisa langsung pindah. 

"Bisa langsung pindah kursi,  jadi menghemat waktu," ungkap Wakil Kepala Kurikulum, Tono. [nid/col]