Manfaat Berhubungan Intim Selama 30 Hari

Reporter: --

blokTuban.com - Apa dampak berhubungan setiap hari selama sebulan penuh pada pasangan? Sebuah majalah di Afrika Selatan mengadakan kontes “30 day sex challenge” untuk menemukan jawaban dari dampak berhubungan setiap hari selama 30 hari penuh.

Kontes Behubungan Intim Selama 30 Hari Penuh

Seorang perempuan asal Amerika Serikat, Charla Muller menghabiskan waktunya seperti kebanyakan ibu-ibu di seluruh dunia, mengurus anak, membersihkan rumah, memasak, serta sedikit ribut dengan suami. Segala urusan rumah tangga tadi tidak hanya menguras tenaganya tapi juga mengikis hasrat sekualnya.

Menjelang ulang tahun suaminya yang ke-40 tahun, Charla berniat memberikan kado yang sangat istimewa, sesuatu yang hanya bisa diberikan oleh Charla sendiri: yakni melakukan berhubungan intim setiap hari selama setahun penuh. Setahun kemudian ia merasakan perubahan yang sangat dramatis dalam perkawinannya. Ia lalu membagikan pengalamannya lewat buku 365 Nights: A Memoir of Intimacy.

Berangkat dari pengalaman Charla, sebuah majalah di Afrika Selatan, The Intimacy, berniat melakukan hal serupa, namun waktunya lebih singkat, 30 hari. Tujuh pasangan suami istri yang sudah menikah lebih dari satu tahun lalu diundang mengikuti kontes berhubungan intim setiap hari selama satu bulan penuh.

Efek Berhubungan Intim Selama 30 Hari

Para pasangan yang mengikuti kontes majalah Intimacy sebagian besar mengaku pada awalnya mereka sangat bergairah melakukan hubungan seks setiap hari selamaa 30 penuh. Namun tak sedikit yang absen bercinta di minggu kedua karena alasan kelelahan, stres, dan merasa seks hanya jadi kewajiban.

Sebaliknya, pasangan yang terus mengikuti kontes berhubungan setiap hari terakhir mengatakan merasa lebih dekat secara emosional dengan pasangan. Seorang suami mengaku kini ia lebih jarang marah pada istrinya.

Mereka juga berusaha mengusir kebosanan dengan cara menciptakan atmosfer yang menggairahkan untuk bercinta, serta mencoba gaya bercinta yang berbeda setiap harinya. Meski begitu, mayoritas peserta berpendapat yang lebih penting adalah kualitas, bukan kuantitas dalam bercinta.

Apa yang dilakukan Charla, juga majalah Intimacy bertujuan menguatkan pendapat berhubungan setiap hari secara teratur memiliki manfaat positif dan memiliki hasil yang berbeda bagi hubungan intim. Beberapa ahli berpendapat bahwa berhubungan setiap hari secara teratur mampu menyelamatkan hubungan suami istri yang mulai redup.

Bahkan salah satunya pengikut Charla adalah Dough Brown, yang melakukan hubungan seks maraton selama 101 hari. Brown kemudian mendokumentasikan pengalamannya dalam buku Just Do It: How One Couple Turned Off the TV and Turned on Their Sex Lives for 101 Days (No Excuses).

Seperti Charla, Dough berpendapat hubungan setiap hari bisa menimbulkan chemistry yang mulai hilang. “Kami lebih banyak belajar mengenai pasangan,” tulis Dough dalam bukunya.

Psikolog yang juga seorang terapis seks, Andrea M. Macari mengungkapkan, makin sering berhubungan setiap hari, makin besar keinginan untuk mengulanginya. “Seks yang teratur meningkatkan hasrat dan ketertarikan pada pasangan. Tanpa sadar kita membangun keinginan yang sebelumnya tak pernah muncul,” katanya.

Manfaat Berhubungan Intim Setiap Hari

Penelitian menemukan bahwa ada berbagai dampak positif berhubungan setiap hari bagi pasangan suami istri, berikut di antaranya:

1. Cegah penyakit jantung

Manfaat hubungan suami istri setiap hari yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Berhubungan seks setidaknya dua kali per minggu dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung ketimbang mereka yang tidak melakukan hubungan seksual sama sekali. Hubungan seks dua kali seminggu saja sangat bermanfaat, apalagi setiap hari!

2. Tingkatkan daya tahan tubuh

Manfaat berhubungan intim setiap hari bagi wanita yang kedua adalah meningkatkan daya tahan tubuh akibat produksi hormon immuno globin. Hormon ini yang berperan sebagai antibodi untuk mencegah virus flu dan batuk masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda merasa tertekan, depresi, dan kurang bahagia, berhubungan seksual dapat memacu produksi hormon oksitoksin yang dapat membantu memperbaiki mood sehingga seseorang merasa lebih baik. Hormon oksitoksin dikeluarkan bersamaan dengan hormon serotonin saat seseorang jatuh cinta, termasuk pula ketika berhubungan intim setiap hari.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat berhubungan intim setiap hari berikutnya dapat emperbaiki kualitas tidur Anda. Seusai berhubungan seks baik mencapai orgasme maupun tidak, tubuh akan terasa lebih rileks dan santai.

4. Meningkatkan harga diri pasangan

Manfaat hubungan suami istri setiap hari membuat kita merasa diinginkan yang membuat kita merasa lebih suka seks. Jika pasangan ingin berhubungan seks dengan Anda sesering mungkin, itu berarti dia berpikir Anda seksi dan menarik. Maka harga diri Anda akan meningkat. Bila berhenti berhubungan seks maka harga diri merosot.

Anda berdua merasa semakin terisolasi; frustrasi seksual membuat Anda merasa kesal dan mulai marah terhadap hal-hal yang sebelumnya tidak membuat khawatir.

4. Menguatkan hubungan suami istri

Manfaat berhubungan intim setiap hari dapat merangsang hormon yang membuat Anda saling mencintai dan saling menginginkan. Berhubungan seks merangsang produksi testosteron, dopamine dan oksitosin – meningkatkan keinginan dan menguatkan ikatan suami istri.

5. Memperbesar penis

Manfaat hubungan suami istri setiap hari yang satu ini pasti membuat para pria sangat bergairah, karena manfaatnya membuat penis lebih besar.

Menurut peneliti dari Universitas Exeter menemukan bahwa sering berhubungan seksual menghasilkan perubahan penting pada organ reproduksi pria.

Kesimpulannya, berhubungan setiap hari memang memiliki manfaat baik bagi pasangan suami istri. Namun, berhubungan setiap hari tidak cocok bagi sebagian pasangan, karena berbagai kondisi tertentu.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau seksolog jika Anda ingin mandapatkan manfaat hubungan setiap hari dengan pasangan suami istri. Minimal Anda juga mulai menerapkan pola hidup sehat disertai olahraga secara rutin ya, Teman Sehat!