Hari Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Gelar Tanam Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Tahun 2019, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban menggandeng Perhutani BKPH Merakurak dan Pemerintah Desa (Pemdes) Tuwiriwetan menggelar kegiatan tanam pohon.

Kegiatan penghijauan tersebut diselenggarakan di lahan milik Perhutani BKPH Merakurak dengan diikuti sekitar 60 peserta baik dari Petugas Lapas, Perhutani, PWI Tuban, Pemdes, sejumlah WBP serta beberapa Komunitas Pecinta Alam.

"Ada sekitar 60 peserta yang mengikuti kegiatan tanam pohon ini," ujar Kasi Binadik Kelas II B Tuban, Subiyanto, Jumat (22/3/2019).

Lebih lanjut, Subiyanto mengungkapkan, pada kegiatan tanam pohon ini ada ratusan pohon yang ditanam bersama di antaranya terdiri dari Pohon Kesambi, Jati, Nangka dan Srikaya. "Ada 300 pohon yang kita tanam hari ini," imbuhnya.

Sementara itu, Asper BKPH Merakurak, KPH Tuban Kiswanto mengatakan, tanam pohon ini sebagai bentuk sinergitas bersama antara Perhutani, Lapas Tuban, serta semua pihak untuk berupaya mengurangi adanya bencana banjir yang selama ini sering terjadi di wilayah Merakurak.

"Semoga yang kita tanam ini dapat bermanfaat dan bisa mengurangi bencana banjir," kata Kiswanto.

Dia berharap, agar kegiatan tanam pohon bersama ini bisa dilakukan secara rutin pada musim tanam. Karena, selama ini hutan di wilayah Kecamatan Meraurak masih membutuhkan perhatian. [hud/rom]