Bunga Kenanga Laku Keras di Pasar Lokal Hingga Surabaya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain dikenal harumnya yang semerbak, bunga Kenanga juga banyak difungsikan sebagai bunga tabur untuk ziarah makam. Tak ayal tanaman yang satu ini laku keras di pasaran lokal, seperti wilayah Tuban, Bojonegoro dan sekitarnya.

Di Desa Gununganyar, Kecamatan Soko, tanaman bunga Kenanga dapat dijumpai di kebun-kebun milik warga setempat. Dengan kondisi alam yang mendukung, ditambah lagi guyuran hujan musim ini, menambah kualitas kembang Kenangan semakin bagus.

"Sudah masuk waktu panen, jadinya ya siap pilih dan dijual," ujar Surini, salah satu warga pemilik kebun Kenangan di Gununganyar, Jumat (22/3/2019).

Ditambahkannya lagi, banyak warga dan pedagang bunga yang mengambil stok bunga tabur jenis Kenanga ini di rumahnya. Bahkan, komoditas bunga ini sampai dijual ke pasaran Surabaya.

"Kalau dari sini per kilogramnya Rp20 ribu. Sedangkan di pengecer sudah beda," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pembeli dan pemborong bunga Kenanga mengatakan, jika sudah sering beli dan menebas bunga kenanga di Gununganyar saat musim panen tiba.

"Ini nanti langsung disetor ke Surabaya. Sebagian kecil diambil pelapak sekitar Bojonegoro-Tuban," ujar Prawoto, pengepul besar asal Bulung, Desa Nguruan, Kecamatan Soko itu. [feb/rom]

kenanga