Petani Diminta Waspadai Hama Penggerek Batang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setelah sebagian besar petani di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban melakukan panen raya padi musim tanam pertama. Saat ini, para petani penggarap sawah telah mempersiapkan bibit/persemaian tanaman padi untuk ditanam di musim ke dua.

Pada tahapan ini, petani diharapkan untuk mewaspadai Hama Penggerek Batang pada persemaian tanaman padi. Hal itu agar pada saat penanaman nanti persemaian padi itu bisa tumbuh maksimal dan tidak terkena penyakit ambles yang disebabkan oleh hama penggerek batang.

"Saya minta petani mewaspadai hama penggerek batang pada persemaian padi. Hendaknya bila menemukan adanya hama penggerek batang agar segera diambil," terang Sunarto petugas Pengendali OrganisMe Pengganggu Tumbuhan (POPT) Pengamat Hama Penyakit (PHP) Kecamatan Montong.

Lebih lanjut, dijelaskan Sunarto hama penggerek batang pada persemaian tanaman padi dapat dilihat kasat mata. Hama tersebut menempel pada daun dan batang persemaian padi sehongga agar segera diambil. Dikarenakan bisa mengakibatkan tanaman padi ambless.

"Jika sudah terkena hama penggerek batang, saat sudah ditanam nanti tanaman padi akan ambles dan tidak berbiji," imbuhnya.

Sementara itu, diketahui pada persemaian tanaman padi musim tanam kedua resiko terkena hama penggerek batang lebih tinggi bila dibandingkan pada musim tanam pertama lalu.[hud/ito]