Partisipasi Warga Tambah Koleksi Museum Kambang Putih Diapresiasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai tempat penyimpan dan pameran benda bersejarah, Museum Kambang Putih memiliki aneka koleksi yang bernilai seni dan histori kebudayaan yang tinggi. Ratusan koleksi tersebut, rata-rata didapatkan dari cagarnya secara langsung, sebagian lagi dapat hibah dari masyarakat ataupun kolektor benda unik.

Kepala UPTD Museum dan Kebudayaan Kabupaten Tuban, Santi Puji Rahayu mengungkapkan bahwa minat masyarakat untuk menghibahkan koleksi benda bernilai seni dan berbudaya sudah meningkat.

"Koleksi hibah dari masyarakat juga mulai banyak. Masyarakat sudah paham akan arti koleksi yang dipercayakan pada Museum," papar Santi.

Pihaknya juga menambahkan, koleksi terbaru didapat dari masyarakat sekitar Kelurahan Perbon dengan menghibahkan 5 benda. Benda tersebut berbentuk 2 tombak, dan 3 buah keris.

Barang koleksi yang termasuk jenis Etno, lebih dulu dipelajari operator museum. Kurator yang memproses, barang hibah pun harus dikonservasi berkali-kali sebab memiliki material karat.

"Jadi 2 sampai 3 bulan baru bisa dipajang. Kemudian, yang menghibahkan nanti bisa memberikan keterangan khusus," tambahnya.

Masih kata Santi, dulunya Museum Kambang Putih tak punya koleksi sebanyak ini. Khususnya barang koleksi senjata berbentuk keris. Dari hal itu, pihaknya berharap agar kesadaran masyarakat untuk peduli dan mau berpartisipasi.

"Harapannya masyarakat lebih terbuka dan lebih sadar akan pada benda bersejarah. Kita juga ada banyak perbaikan beberapa segi Museum, ada banyak kegiata juga, seperti belajar bersama museum, sosialisasi, semua mengenai museum," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]