Tidur Tanpa Busana Buat Anda Lebih Sehat, Ini 5 Manfaatnya

Reporter: -

blokTuban.com - Pemilihan busana saat tidur menjadi pertimbangan banyak orang. Ada orang yang menyukai tidur dengan piyama berbahan satin, ada juga yang suka mengenakan baju bermaterial tipis agar nyaman dan lebih leluasa bergerak.

Tetapi rupanya, tidur tanpa busana ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan. Terutama untuk Anda yang mengalami masalah sulit tidur di malam hari hingga sering merasa stres.

Berikut manfaat tidur tanpa busana seperti dilansir Women's Health:

1. Anda bisa tidur lebih cepat

Berbagai cara dilakukan untuk tidur lebih cepat, mulai dari menatap langit-langit, membaca buku, hingga mencoba menghitung domba. Padahal, Anda bisa tidur lebih cepat dengan menurunkan suhu tubuh dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melepas seluruh pakaian Anda.

2. Menurunkan suhu tubuh yang membuat tidur lebih nyenyak

Menurunkan suhu tubuh tak hanya membantu Anda tidur lebih cepat, tetapi juga tidur lebih nyenyak.

"Ada banyak cara untuk tidur nyenyak dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tidur tanpa pakaian," jelas Dr W. Christopher Winter, MD, penulis buku 'The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It.'

Dr Winter mengatakan suhu yang paling kondusif untuk tidur adalah 18 derajat Celcius. Suhu tubuh manusia sering berubah sepanjang malam sehingga tidur tanpa busana dianggap baik untuk mengontrol suhu tubuh.

3. Mampu mengurangi stres dan rasa cemas

Tidur tanpa busana juga Anda lakukan bersama pasangan. Karena ternyata, kontak langsung pada kulit dapat menghasilkan hormon oksitosin yang mampu mengurangi stres dan rasa cemas. Dr Winter mengatakan, semakin Anda dan pasangan merasa rileks dengan suasana sebelum tidur, semakin mudah Anda tidur nyenyak. Tidur yang nyenyak berarti tubuh Anda memproduksi lebih sedikit hormon kortisol (hormon penyebab stres).

4. Meningkatkan kesehatan vagina

Tidur dengan melepaskan seluruh pakaian ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Pakaian dalam yang ketat dan lembap membuat perempuan lebih rentan terkena keputihan atau bakteri. Demi menghindari hal tersebut, tak ada salahnya tidur tanpa pakaian dalam.

5. Berpotensi menurunkan berat badan

Dr Winter menuturkan, tidur tanpa busana di malam hari membuat Anda tidur lebih nyenyak sekaligus bisa menurunkan berat badan. Suhu yang lebih dingin di malam hari membuat Anda mengeluarkan lebih banyak energi agar tetap hangat sehingga meningkatkan kemampuan Anda untuk membakar kalori lebih banyak.

*Sumber: kumparan.com