Jadi yang Tercepat, PTSL Kendalrejo Tunggu Sisa Pemberkasan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko menjadi wilayah paling cepat dalam proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hingga saat ini, 60 persen data yang masuk dan terdaftar sudah memasuki tahap pemberkasan. Sisanya, 40 persen data masih dalam pendalaman histori kepemilikan.

"Alhamdulillah, tanpa kendala yang berarti. PTSL di desa ini bisa disambut dengan baik, karena berpihak pada masyarakat," ungkap Kepala Desa (Kades) Kendalrejo, Mohon. Sihabuddin saat ditemui blokTuban.com di ruangan kerjanya, Rabu (13/3/2019).

Kades yang dikenal ramah itu menambahkan, awal target PTSL desa setempat diperkiraan pada persentase 50 persen sampai 85 persen. Perencanaan awal hanya ditaksir 500 data. Namun, akhirnya hasil melebihi ekspetasi, dengan 1.700 data. 

"Hasil pengajuan ada 1.300 pemohon, padahal dulu perencanaan hanya 500. Sampai sekarang, sudah ada 700 sampai 1000 data yang sudah jadi dan diberkaskan," imbuhnya.

Adapun sedikit kesulitan dan hambatan yang merupakan sebuah persoalan klasik. Namun begitu, dapat diatasi dengan mudah pula berkat kolaborasi Pemerintah Desa (Pemdes) dan panitia desa setempat.

Selain itu, PTSL yang merupakan program Pemerintah Pusat melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang sukses digarap Pemdes dan panitia PTSL Kendalrejo. Bahkan, kabarnya Kendalrejo akan dijadikan sebagai wilayah percontohan PTSL Kabupaten Tuban. [feb/col]