Unirow Tuban Terakreditasi B BAN PT

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Meskipun 3,5 tahun memimpin Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur, tak disia-siakan Rektor Supiana Dian Nurtjahyani. Awal Maret 2019, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jalan Manunggal 61 ini, telah terakreditasi B dari BAN PT.

"Alhamdulillah, peringkat akreditasi Unirow meningkat sekarang terakreditasi B dari BAN PT," ujar Rektor Dian kepada blokTuban.com, Kamis (7/3/2019).

Perjalanannya dimulai dari pembenahan akreditasi prodi dan penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), karena hasil SPMI yang dipakai dasar untuk Sistem Penilaian Mutu Ekternal (SPME).

SPME adalah kegiatan penilaian melalui akreditasi untuk menentukan kelayakan dan tingkat pencapaian mutu program studi dan perguruan tinggi.

Setelah mengadakan reakreditasi prodi yang peringkatnya C menjadi B, sehingga prodi yang nilainya B mencapai lebih dari 90% baru kemudian melakukan reakreditasi institusi. Sebenarnya masa akreditasi institusi masih lama, karena habisnya tahun 2021.

"Tapi karena ingin meningkatkan peringkat akreditasi dalam waktu 2 tahun kami mengadakan reakreditasi karena 14 prodi yang ada di Unirow sudah terakreditasi B. Di Unirow ada 5 Fakultas dan 16 prodi," terang Rektor perempuan pertama di Unirow.

Lebih dari itu, karena akreditasi progam studi dan perguruan tinggi merupakan amanah UU no 12 tahun 2012 dan Permenristekdikti no 32 tahun 2016 yang harus di laksanakan untuk menjamin kelayakan dan mutu program studi dan perguruan tinggi. Akreditasi ini akan berdampak pada kualitas lulusan yang di hasilkan.

"Untuk pengajuan akreditasi sudah ada syarat dan pedoman yang ditentukan oleh BAN PT begitu juga untuk kriteria penilaiannya," pungkasnya. [ali/ito]