Layani Kesehatan 24 Jam hingga Gembleng Siswa SD Materi Wasbang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sektor kesehatan dan pendidikan tak luput dari perhatian Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-104 Kodim 0811 Tuban yang bertugas di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Perhatian dimulai melayani kesehatan warga 24 jam, hingga menggembleng siswa SD dengan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Salah satunya adalah tim Kesehatan Lapangan (Keslap) yang bertugas mendampingi Satgas TMMD yang sedang melaksanakan tugas. Tugas Tim Keslap diantaranya memberi layanan kesehatan, memberi pertolongan pada saat terjadi keluhan, pengecekan kesehatan kepada personel Satgas TMMD.

Untuk personel Keslap yang bertugas mendampingi dalam kegiatan TMMD 104 Kodim Tuban adalah dari personel Poskes Tuban dan Kesdim Tuban. Tak hanya bertugas mendampingi dilapangan saja, petugas Keslap juga ikut menginap di lokasi TMMD yaitu di Posko TMMD selama 24 jam.

"Hal ini bertujuan agar apabila dibutuhkan selalu ada dan setiap saat bergerak untuk memberikan pertolongan," ujar Komandan Satgas TMMD ke-104, Let Inf Nur Wicahyanto, SE, Kamis (7/3/2019).

Satgas TNI TMMD ke 104 Kodim 0811/Tuban, juga menggembleng materi pelajaran wawasan kebangsaan kepada siswa SDN Brangkal II. Kali ini Satgas TMMD Ke-104 Kapten Arm Hery Purwanto (Danramil 0811/18 Parengan) mendatangi SDN Brangkal 2 di Brangkal.

“Dalam program TMMD, pemberian materi Wawasan Kebangsaan merupakan sasaran non fisik,” Satgas TMMD ke-104 Kodim 0811/Tuban, Hery Purwanto.

Dalam kegiatan tersebut, Satgas TMMD memberikan pemahaman dan pengetahuan apa itu bela negara dan wawasan kebangsaan serta pentingnya persatuan kesatuan dalam cinta tanah air.

Saat penyampaian materi wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air tersebut, seluruh siswa nampak serius dan khidmat dalam mendengarkannya.

“Karena yang dihadapi ini adalah masih tingkat SD, sehingga dalam penyampaian diperlukan gaya bahasa yang mudah diserap dan dimengerti,” pungkasnya. [ali/ito]