Pemkab Gelontor Rp2 M untuk Perbaikan Tanggul Jambon

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Jebolnya tanggul Avour Jambon di awal Maret 2019, langsung disikapi serius oleh Dinas PUPR Tuban, Jawa Timur.
Tahun ini Pemkab telah menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk perbaikan kerusakan tanggul di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban.

"Kita ada Rp2 miliar untuk perbaikan Avour Jambon," ujar Plt. Kadis PUPR Tuban, Eko Kartono, ketika dikonfirmasi blokTuban.com melalui WhatsApp, Rabu (6/3/2019).

Untuk alokasi anggaran perbaikan kali ini, Edi akan mengecek dulu tingkat kerusakannya, untuk menentukan langkah dalam penanganan. Dilanjutkan penanganan darurat dengan menggunakan sandbag.

Kaur Pemerintahan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kastono menjelaskan, tanggul Avour Jambon jebol kurang lebih lima meter dengan ketinggian 2,5 sampai 3 meter. Ditemukan pula lima titik rembesan yang berdampak banjir di wilayah Kecamatan Merakurak.

"Jebolnya tanggul sisi Timur, membuat lahan pertanian Dusun Mulung terendam," sambungnya. 

Sedangkan lima rembesan tanggul di sisi barat membuat rumah warga, jalan lingkungan, dan yayasan Salafiyah Merakurak terdampak. Rembesan muncul dari bawah bronjong yang telah dipasang oleh Pemkab Tuban. [ali/rom]