Waspada Gelombang Tinggi 2.5 Meter Lebih di Laut Jawa

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Para nelayan dan pengguna jasa Laut Jawa diminta waspada terhadap potensi gelombang tinggi lebih dari 2.5 meter pada tanggal 7 dan 8 Maret 2019.

BMKG Maritim Perak Surabaya memohon masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap kondisi cuaca, berupa hujan lebat dan senantiasa update informasi cuaca sebelum beraktivitas.

"Update terus informasi cuaca dari BMKG," ujar Prakirawan BMKG Maritim Perak Surabaya, Fathoni, kepada blokTuban.com, Senin (4/3/2019).

Adapun prakiraan kondisi cuaca maritim perairan Jawa Timur pada 5 Maret mulai pikul 07.00 Wib dan berlaku 24 jam, yaitu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di seluruh wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin cenderung sangat bervariasi dengan dominasi dari arah Barat Laut-Timur Laut. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa 16 knots (30 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim 26 knot (48 km/jam).

"Tinggi gelombang di Selat Madura antara 0.3-0.5 m, di Laut Jawa bagian timur 0.3-0.8 m dan S. Hindia selatan Jatim antara 1.5-3.0 m," pungkasnya. [ali/rom]