Pelajaran Hidup yang Bisa Dipahami saat Melajang dalam Waktu Lama

Reporter: -

blokTuban.com - Bertemu orang yang tepat, menjalin hubungan serius dan melangkah ke jenjang pernikahan. Rasanya, ketiga hal tersebut menjadi dambaan banyak perempuan. Tetapi, tak semua orang bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan mudah.

Ada perempuan yang 'beruntung' karena bisa bertemu orang yang tepat hingga akhirnya menikah dalam kurun waktu singkat. Tetapi ada pula perempuan yang memang ditakdirkan untuk menunggu dan melajang lebih lama.

Jika Anda tengah mengalami masa-masa ini, jangan sedih dan gundah. Dituturkan oleh psikolog Anna Surti Ariani, sesungguhnya ada pelajaran hidup yang bisa Anda pahami di balik status lajang dalam waktu yang lama. Apa saja?

1. Menyadari berbagai kelebihan diri

Melajang dalam waktu yang lama membuat Anda mampu menyadari kelebihan diri yang dimiliki namun belum terlihat di permukaan. Mungkin saja Anda ternyata jago merangkai bunga, membuat kue, atau justru menggemari otomotif. Siapa tahu, kelebihan diri yang dimiliki bisa menjadikan lahan bisnis atau pekerjaan tetap yang bisa Anda geluti.

2. Menyadari kekurangan, sekaligus mengatasinya

Selain menyadari kelebihan diri, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal diri Anda lebih dalam lewat kekurangan yang dimiliki. Buatlah daftar kekurangan diri Anda dan pikirkan cara untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Belajar memutuskan hal-hal besar dalam hidup

Jika orang lain berdiskusi dengan pasangan atau keluarga saat akan mengambil keputusan, melajang dalam waktu lama membuat Anda belajar memutuskan hal-hal besar dalam hidup Anda seorang diri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kemandirian dan tidak bergantung pada orang lain.

4. Bisa lebih menikmati hal yang betul-betul menjadi sumber kebahagiaan

Melajang dalam kurun waktu yang lama tidak selamanya menyedihkan. Anggap saja hal ini sebagai 'bonus' untuk Anda dalam menikmati hal yang menjadi sumber kebahagiaan Anda. Lakukan apapun yang Anda inginkan dan belum pernah dilakukan sebelumnya, selama hal tersebut bisa memberikan kebahagiaan kepada Anda.

5. Berkarya untuk sesama

Masih banyak hal positif yang bisa Anda lakukan saat melajang. Salah satunya adalah Anda bisa berkarya untuk diri sendiri atau orang lain. Misalnya, mengajak orang-orang untuk aktif menggalang dana bagi korban bencana alam, menggelar pameran seni ciptaan teman-teman disabilitas, atau sekadar berbagi cerita dan inspirasi untuk mereka yang tidak memiliki semangat hidup.

6. Menggali minat terpendam tanpa merasa terganggu

Menjadi seorang single juga bisa membuat Anda menggali minat terpendam yang selama ini tidak pernah dieksplor. Gali bakat terpendam Anda sedalam mungkin tanpa ada gangguan dari pihak manapun. Manfaatkan momen ini sebagai ajang untuk mengaktualisasikan diri Anda dalam bentuk positif.

*Sumber: kumparan.com