Dandim 0811 Silaturahim dengan Wartawan Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kurang lebih setahun menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0811, Letkol Inf Nur Wicahyanto baru berkesempatan silaturahim dengan wartawan di Bumi Wali. Pertemuan perdana yang dipusatkan di Aula Kodim 0811 itu, menjadi komitmen bersama sinergi antara media dan TNI.

"Memang ada yang perlu dievaluasi internal Kodim. Sebenarnya tak ada miskomunikasi antara Kodim dengan media," ujar Letkol Inf Nur Wicahyanto, dalam sambutannya di hadapan puluhan awak media, Sabtu (2/3/2019).

Melalui silaturahim ini diharapkan hubungan TNI dengan pers lebih dekat. Karena pakar komunikasi telah menyebut ada 20 fungsi pers bagi kemajuan bangsa.

Sebagai pimpinan TNI di Tuban, Nur Wicahyanto tidak bisa menyebutkan 20 fungsi tersebut. Di antaranya pers memiliki fungsi mendidik dan mengedukasi ke publik untuk berpikir maju. Pers juga sebagai media informasi, dimana selalu menyajikan fakta yang terjadi di sekitar kita.

Selain itu, ada fungsi hiburan. Artinya pers berperan dalam meningkatkan kebudayaan Indonesia. Sekaligus mencegah budaya yang kurang bagus berkembang di masyarakat.

Dalam kesempatan ini, perlu disampaikan ada satu kegiatan TNI yakni TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke104 di Parengan. Diharapkan bisa kerjasama sehingga hal positif bisa dimunculkan dari TMMD

"Selama ini TNI berpikir melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas. Sudah terbiasa jika tidak diekapos. Tapi saya tak setuju, dunia harus diberitahu kegiatan TNI," bebernya.

Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban, Khoirul Huda, berharap silaturahim tak hanya sekali ini, tapi berkelanjutan demi kebaikan bersama. Khususnya RPS selama ini terus bersinergi dengan siapapun, termasuk tiga pilar demokrasi mulai ekskutif, legislatif, dan yudikatif.

"Ini silaturahim perdana bersama Dandim Letkol Letkol Inf Nur Wicahyanto semoga terus berlanjut," sambungnya.

Senada disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban, Pipit Wibawanto. Silaturahim antara TNI dan media harus terus dibangun demi kemajuan Tuban.

"Beberapa pejabat Kodim sudah dekat dan intens dengan media, tapi melalui silaturahim ini justru lebih baik karena Dandim bisa hadir langsung," pungkasnya. [ali/ito]