Puskesmas Jenu Berikan Penyuluhan Intervensi Keluarga Sehat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Puskesmas Jenu telah menggelar penyuluhan intervensi keluarga sehat dan screaning Penyakit Tidak Menular (PTM) di wilayahnya. Keluarga sehat merupakan salah satu program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk menuju Indonesia sehat.

Penyuluhan intervensi keluarga sehat dan screaning PTM dikakukan untuk meningkatan derajat kesatan massyarakt jenu dan untuk mengetahui PTM. Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan kader kesehatan seluruh Kecamatan Jenu.

Kegiatan dimulai dari pemaparan pengertian dari keluarga sehat termasuk 12 indikator keluarga sehat. Disambung pemaparan tentang penyakit PTM (diabetes millitus, dan hipertensi), pemaparan kesehatan jiwa dan diakhir acara dilakukan screaning PTM meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan lab, pemeriksaan lingkar badan dan berat badan dan mengisi kuesioner.

Kepala puskesmas Jenu, dr. Dede Kurniawati mengutaran pentingnya intervensi keluarga sehat. DIa berharap seluruh keluarga yang ada di wilayah kerja puskesmas jenu dapat menjadi keluarga sehat.

Puskemas Jenu telah melakukan survei keluarga sehat pada 13 desa yang ada pada kecamatan jenu pada tahun 2017 dan 2018. Sedangkan 4 desa yang tersisa sudah mulai berjalan bulan Februari ini.

“Kami juga sudah melakukan intervensi keluarga sehat kelima desa yaitu, Desa Beji, Jenu, Menggolo, Sekardadi, dan Kaliuntu," terangnya kepada blokTuban.com, Kamis (28/2/2019)

Kegiatan diakhiri dengan screaning PTM yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Jenu dan foto bersama kader kesehatan. [ali/ ito]