Tantangan Surah Pendek Bupati ke Santri Kendalrejo, Begini Kisahnya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka kunjungan Bupati Tuban ke sejumlah Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) di Kecamatan Soko, Bupati Fathul Huda juga memberikan tantangan hafalan surah pendek kepada santriwan maupun santriwati.

Seperti yang terjadi di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, lebih tepatnya di TPQ Roudhotus Sholihin Dusun Singkal. Sesampainya di sana, Bupati langsung mengucap salam salam dan menyapa santri dengan berjabat tangan.

Senyum ceria santriwan-santriwati yang notabennya masih anak-anak usia SD dan Playgroup, ustadz-ustadzah, berikut orang tua walisantri nampak sumrinfah rapi, serapi formasi baris mereka menyambut datangnya Bupati.

"Lhoh kok ketawa terus, sini" ujar Bupati Fathul Huda sembari lebih dekat ke salah satu santriwati.

Sontak saja santriwati yang belakangan diketahui bernama Umi Nur Afida (7) itu langsung grogi. Raut mukanya berubah agak dingin, kikuk, antara senang dan canggung.

"Hafal surah pendek? Coba baca Al-Ikhlas," tantang orang nomor wahid di Bumi Wali itu kepada Umi, Rabu (27/2/2019)

Seketika itu Umi langsung mengucap Basmallah sebelum membaca surah Al-Ikhlas. Karena canggung dan salah tingkah, Umi malah keliru dan lanjut ke bacaan surah Al-Fatihah.

Sempat ada tawa dari rombongan Bupati berikut masyarakat yang ada di sekitar TPQ Roudhotus Sholihin, tapi secepat mungkin beberapa orang langsung mengarahkan kecanggunggan Umi supaya melafalkan bunyi pertama yakni 'Qul Huwallohu Ahad'.

Benar saja, sejurus kemudian santri yang duduk di bangku kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) itu langsung merapal 4 ayat dari Al-Ikhlas dengan bacaan dan tajwid yang bagus.

Tak cukup sampai disitu, Bupati asal Kecamatan Montong juga menambah tantangan lagi pada Umi, "satu lagi, Al-Falaq," kata Bupati yang masih juga konsen ke Umi.

Kiranya rasa canggung dan grogori sudah berkurang, Umi langsung saja merapal Al-Falaq tanpa kendala yang berarti. Orang disekitar TPQ yang ada di Dusun Singkal itu agaknya terseyum lega, senang, karena Umi dapat menjawab tantangan Bupati dengan lancar.

"Alhamdulillah. Ya sudah, dua surah bisa hafal dan lancar. Ini, ada hadiahnya juga dua," ujar Bupati sembari merogoh saku dan memberi 2 lembar uang warna biru ke Umi.

Suara koordinasi dengan nada bacaan Hamdalah juga turut menyertai suasana syahdu sore itu. Bupati berpesan agar santri terus belajar agama, belajar membaca Al-Qura'an, terus, terus dan terus lagi.

Pasca menyapa santri dan memberikan tantangan ke Umi, Bupati bergegas meninjau pembangunan TPQ yang ada di samping belakang Masjid wilayah setempat.

"Senang bisa ketemu Pak Bupati. Tadi disuruh baca surah pendek, kemudian dikasih hadiah," kata Umi dengan polos ketika ditanya blokTuban.com soal pertemuan kali pertamanya bersama Bupati Tuban. [feb/ito]