Pemkab Siapkan Dana APBD 9,4 Miliar untuk Pilkades Serentak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban telah menyiapkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp9,4 miliar untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan diselenggarakan pada 10 Juli 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi. Menurutnya pada Pilkades serentak 2019 yang diikuti sebanyak 274 desa ini Pemkab Tuban telah menganggarkan dana sebesar Rp9,4 miliar dari dana APBD.

"Anggaran dari APBD sekitar Rp9,4 miliar, sesuai dengan regulasi yang ada dana dari APBDes diperbolehkan untuk digunakan Pilkades dengan peruntukanya untuk rapat-rapat, sosialisasi serta konsumsi saat pelaksanaan," terang Mahmudi.

Mahmudi menyebutkan, dari APBD sendiri sesuai dengan regulasi yang ada diperuntukkan untuk Alat Tulis Kantor (ATK), surat suara, kotak suara serta honor-honor. "Untuk dana dari APBDes menyesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing desa," jelasnya.

Diketahui, hingga saat ini untuk tahapan Pilkades serentak 2019 sudah selesai pada tahapan pembentukan panitia pemilih dan sosialisasi setelah ini masuk pada tahapan penyusunan tata tertib.[hud/lis]