Curhat Pedagang Ikan Asap Setelah Tempati PIT

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Walapun pedagang ikan sudah diperbolehkan berjualan di Plaza Ikan Tuban (PIT) sebelum diresmikan. Akan tetapi pedagang ikan asap masih banyak yang belum mau berjualan kedalam PIT, karena dinilai sepi.

Plaza Ikan Tuban yang  terletak di Jalan Panglima Sudirman, dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tuban, khusus masyarakat pesisir yang ada di Kelurahan Karangsari.

Akan tetapi, setelah bangunan tersebut jadi ada berapa pedagang, khusus pedagang ikan asap gelisah karena di satu sisi merasa sangat senang dengan adanya PIT, sedangkan di sisi lain sedih karena setelah melakukan percoban berjualan di dalam, selama sehari full dagangan tidak ada yang laku.

Seperti yang dikatakan pedagang ikan asap, Rusminah (50), ia bingung karena sudah pernah mecoba selama sehari berjulan di PIT dagangnya tidak laku. Sedangkan setiap hari ia harus mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Selain itu ia menambahkan, lapak ikan asap yang ada di PIT sempit dan panas, berbeda dengan lapak ikan seger yang luas.

"Sebenarnya seneng tapi bingung, kalau jualan di sana sepi tidak laku sama sekali," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Riama (60), ia pernah mencoba berjualan selama tiga hari di PIT, seribu rupiah pun tidak dapat. Saat ini, ia masih tetap mebuka lapak yang ada di PIT karena takut kalau tidak ditempati nanti ditempati orang lain.

"Di PIT tetep buka dijaga anak, yang di sini saya yang jualan. Kalau gak gitu ya gak dapat uang," ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat,  Kepala Dinas Perikan dan Pertenkan, Muhammad Amenan mengatakan, dengan adanya kegitan yang disinergikan dengan wisata nantinya akan semakin ramai. Dan mengenai lapak pedagang ikan asap ia menambahkan, sambil berjalan akan menyempurnakan.

"Bertahap sesuai irama rakyat," ungkapnya. [nid/rom]