Diduga Ledakan Tabung LPG, 2 Rumah di Prambontergayang Ludes Terbakar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Aksi liar si jago merah kembali berulah di Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko. Kali ini, api meludeskan 2 unit rumah tepatnya di Dusun Kenthi, RT/RW 02/13 Prambontergayang.

Salah satu tetangga depan rumah korban, Tarjo (51) menjelaskan bahwa kejadian pertama kali diketahui sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum muncul api membesar, terlebih dulu terdengar ledakan.

"Iya tadi ada bunyi ledakan, terus disusul api muncul tinggi," katanya kepada blokTuban.com, Rabu (20/2/2019).

Dijelaskannya lagi, api langsung bekerja meluluhlantahkan 2 rumah milik keluarga Mbah Karni (65) berikut rumah di belakang milik anaknya Salim (40). Masih kata Tarjo, kronologi kejadian diduga kuat muncul dari ledakan tabung LPG.

Keadaan rumah yang sepi, sambungnya, diperkirakan ketika Salim sedang keluar berdagang jajanan, sedang Masimami ketika memasak lupa matikan kompor, dan ditinggal untuk mengantar anak untuk pergi mengaji.

"Mungkin saja kelupaan. Soalnya rumah juga sepi, suami jualan, dan istrinya nganter anak untuk ngaji," ulasya.

Mengetahui kebakaran yang besar, sebab api melumat bangunan rumah yang berbahan kayu, warga sekitar langsung melakukan upaya padaman secara manual. Nunggu sayang, upaya pemadaman warga tak bisa maksimal.

Sementara itu dari tim Pemadam Kebakaran (Damkar) BPPD Tuban melalui unit Rengel juga tiba di lokasi kejadian. Pantauan blokTuban.com di lapangan, hingga saat ini tim Damkar sedang melakukan pendinginan agar tak terjadi potensi api yang aktif.

"Kita lihat di sini posisi sudah habis, dari BPBD Tuban sudah kita koordinasi untuk kirim bantuan logistik," kata Bobi, salah satu petugas Damkar BPBD Tuban. [feb/ ito]