PN Tuban Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B Tuban menggelar acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Selasa (19/2/2019).

Acara yang digelar di Ruang Sidang Garuda PN Tuban tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda, seluruh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), beberapa lembaga instansi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda di Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pencanangan zona integritas di lingkungan PN Tuban, karena menurut Bupati, ini adalah salah satu kunci untuk penegakkan hukum.

Bupati dua periode itu menambahkan, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban juga telah getol melaksanakan zona integritas. Khususnya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersinggungan langsung dengan hukum, sehingga diharapkan hukum ini benar-benar berkualitas.

"Dengan adanya pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini diharapkan semua masyarakat Tuban merasa puas dengan pelayanan di PN Tuban," terang Bupati Tuban usai acara kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Sementara itu, Kepala Pengadilan (PN) Tuban Darius Naftali mengatakan, acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, dimana PN Tuban dan seluruh instansi mempunyai tekat untuk memberantas korupsi.

Oleh karena itu, PN Tuban tidak hanya mencanangkan sendiri melainkan juga seluruh Forpimda dan seluruh lembaga instansi untuk menjadi saksi bahwa ini bukan hanya formalitas. "Ini merupakan kesungguhan kami untuk benar-benar menerapkan zona integritas," jelasnya.

Selanjutnya setelah acara pencanangan zona integritas ini akan ada penilaian dari Mahkamah Agung dan Menpan, sehingga setelah dilakukan penilain dari MA dan Menpan akan ditetapkan menjadi zona integritas WBK dan WBBM.

Diketahui, dalam acara tersebut juga diselenggarakan penandatanganan bersama pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM.[hud/ito]