Baru 728.805 Jiwa tang Terdaftar JKN di Tuban

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Tuban, mencatat mulai bulan Januari 2019 sudah ada 728.805 warga Tuban yang  bergabung Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Angka tersebut dari total jumlah penduduk Kabupaten Tuban berjumlah 1.267.313 jiwa.

Kepala Layanan Operasional BPJS Kabupaten Tuban, Dwi Riani Octavia mengatakan, berdasarkan data bulan Januari 2019 sudah ada 728.805 jiwa atau 58 persen warga Bumi Wali yang sudah bergabung ke JKN. 

"Tahun ini dalam rangka, semua warga Tuban bergabung ke JKN," ungkap Dwi. 

Lebih lajut, dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat agar mau bergabung ke JKN, pihak BPJS kesehatan sudah melakukan berbagai upaya salah satunya melakukan sosialisasi di setiap desa yang ada di Kabupaten Tuban. Ia menambahkan, di era seperti saat ini kesadaran akan pentingnya jaminan kesehatan sangatlah penting. Hal itub bukan berarti berharap sakit akan tetapi sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu sakit dan kebetulan tidak punya biaya. Jadi ketika membutuhkan biaya yang besar sudah tidak menjadi beban pikiran.

"Kita sudah melakukan berbagai cara, tinggal kesadaran masyarakat penting atau tidak jaminan kesehatan itu," ungkapnya. [nid/col]