UTSG Peringati Bulan K3 dengan Seminar Bahaya Narkoba

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT. United Tractor Semen Gresik (UTSG) menggelar seminar sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula 1 itu turut diikuti dari PT. Semen Indonesia grup, dengan sebanyak 180 peserta dari masing-masing pekerja dan Ibu-ibu Ikatan Istri Karyawan (IIK) PT. UTSG Tuban.

Ketua Panitia Pelaksana Mashudiono mengungkapkan, kegiatan ini sangatlah penting untuk disosialisasikan, mengingat kondisi penyalahgunaan Narkotika khusus di Kabupaten Tuban sudah memprihatikan, apalagi pemerintah sendiri sudah menetapkan Indonesia sebagai darurat Narkoba.

"Kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya untuk mengurangi tingkat penyalahgunaan gunakan Narkoba di Bumi Wali, khususnya keluarga besar Semen Indonesia Grup", terang pria yang juga sebagai Supervisor Safety, Health and Environment (SHE) PT. UTSG tersebut.

Di samping itu, kegiatan ini juga sekaligus sebagai upaya melakukan pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan perusahaan, terutama ibu-ibu (IIK). Karena memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidik dan memberi arahan langsung terhadap keluarganya serta menularkan tentang bahaya Narkoba kepada keluarga.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman terkait bahaya narkotika, karena bisa mempengaruhi kesadaran serta kesehatan penggunanya. Selain itu pihak manajemen juga berkomitmen memasang banner di lingkungan perusahaan dan safety talk untuk mengingatkan kembali kepada seluruh pegawai agar tidak melakukan penyalahgunaan barang haram itu.

"Ke depan kita akan upayakan untuk melakukan pemeriksaan kepada internal perusahaan, dan akan kembali melakukan koordinasi dengan pihak BNNK Tuban", jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, AKBP I Made Arjana mengapresiasi kegiatan dalam rangka bulan K3 Nasional ini. Selain untuk memberikan edukasi serta pemahaman kepada seluruh pegawai UTSG tentang bahaya, ciri-ciri, serta cara pencegahannya, hingga bagaimana cara menghindari penyalahgunaan Narkotika.

"Kecamatan Kerek adalah wilayah industri, meski lingkupnya kecil tapi harus tetap di waspadai, mengingat ketersediaan sosial yang cukup, hal itu sangat memungkinkan terjadi penyalahgunaan Narkotika," kata I Made.

Ditambahkanya, salah satu misi BNNK Tuban adalah membangun kesadaran, kemauan, dan kemandirian masyarakat. Hal itu tidak lepas dari peran serta masyarakat dan seluruh stakeholder di Bumi Wali. 

Maka dari itu, dengan adanya seminar ini, pihaknya berharap agar seluruh pegawai dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan ikut serta dalam memberikan edukasi terhadap lingkungan mereka. "Target kita adalah, Bumi Wali dapat terbebas dari penyalahgunaan Narkotika" pungkasnya.[hud/col]